Handayani, Lina (2023) Diamond dan Kuota sebagai Reward dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pelajaran Akidah Akhlak di MTs NU Matholi’ul Huda Kedungsari Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. Cover.pdf Download (752kB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (205kB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (145kB) |
|
Text
4. Bab I.pdf Download (314kB) |
|
Text
5. Bab II.pdf Download (570kB) |
|
Text
6. Bab III.pdf Download (285kB) |
|
Text
7. Bab IV.pdf Download (641kB) |
|
Text
8. Bab V.pdf Download (215kB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (219kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan guna meningkatkan minat belajar siswa melalui metode pemberian reward yang berupa diamond dan kuota pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs NU Matholi’ul Huda Kedungsari, Gebog, Kudus. Bentuk penerapannya melalui tiga tahapan yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Jenis penelitian ini yaitu field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui metode obsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam subjek penelitian ini di antaranya kepala sekolah, guru mata pelajaran Akidah Akhlak, dan siswa kelas VII. Data yang di analisis dengan mereduksi data, menyaikan data, serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian penelitian menunjukan bahwa: (1) Diamond dan kuota sebagai reward yang mampu meningkatkan minat belajar siswa ketika pembelajaran Akidah Akhlak berjalan dengan baik sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Adapun yang terdapat dalam RPP meliputi tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi pada materi Akidah Islam. (2) Hasil pembelajaran setelah menggunakan metode pemberian reward dan punishment siswa menjadi lebih baik, mampu mendengarkan dengan baik, prestasi meningkat, semakin semangat ketika mengikuti pembelajaran, kegiatan bolos ketika pembelajaran sudah berkurang, menjadi disiplin ketika mengikuti pembelajaran. (3) Faktor pendukung dalam proses pembelajaran Akidah Akhlak di antaranya respon dan ekspresi siswa ketika menerima reward menunjukan siswa senang dengan hasil belajar yang dicapai, siswa antusias dan semangat, siswa yang belum mendapatkan reward semakin termotivasi dengan hasil yang diperoleh temannya, antusiasme siswa dalam mengikuti pelajaran cukup tinggi, dukungan guru Akidah Akhlak dalam memberikan reward. Faktor penghambatnya di antara lain kurangnya sarana dan prasarana kurang memadai, ruang kelas yang kurang mendukung, percaya diri siswa yang kurang, dan waktu pembelajaran sangat kurang. Solusinya: guru memberikan metode yang tepat dalam pembelajaran, mengatur waktu dengan baik, serta memperbaiki sarana dan prasarana pembelajaran. (4) persiapan pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar siswa guru perlu merencanakan beberapa tahap yaitu meliputi persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Adapun yang di lakukan guru dengan menggunakan metode yang tepat yaitu pemberian reward yang berupa diamond dan kuota serta memberikan punishment bagi yang tidak mematuhi aturan. Karena siswa lebih semangat dan bisa memahami materi serta dapat memotivasi siswa untuk meningkatkan minat belajarnya sehingga hasil belajar yang dicapai memuaskan dan proses pembelajaran lebih efektif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Reward dan Punishment, Diamond dan Kuota, Minat Belajar, Mata Pelajaran Akidah Akhlak | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 18 Nov 2024 04:13 | ||||||
Last Modified: | 18 Nov 2024 04:13 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12599 |
Actions (login required)
View Item |