Elvionita, Eva (2023) Implementasi Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iv Madrasah Ibtidaiyyah Sirojul Huda Pasuruhan Kayen. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (8MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (325kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (194kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (486kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (381kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (495kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (339kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (268kB) |
Abstract
Penggunaan media yang tepat dalam proses belajar mengajar akan menjadikan suasana belajar yang menyenangkan. Dalam proses belajar mengajar, seorang guru diharapkan dapat memberikan pengajaran yang mudah dipahami oleh siswa. Akan tetapi kenyataannya di lapangan, masih terdapat guru yang masih belum tepat dalam menggunakan media pembelajaran dan kurang memanfaatkan media yang ada di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan, tindakan dan observasi dan bertujuan untuk meneliti: 1) implementasi Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV MI Sirojul Huda Pasuruhan Kayen, 2) penggunaan media Audio Visual dalam meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Sirojul huda Pasuruhan Kayen Pati, 3) faktor penghambat dan pendukung implementasi media audio visual dalam meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran IPA Kelas IV MI Sirojul Huda Pasuruhan Kayen. Data tentang kegiatan pembelajaran diperoleh dari pengamatan guru dalam mengelola pembelajaran, pengamatan siswa dalam proses belajar, hasil tes belajar siswa, dan wawancara. Data yang diperoleh diolah berdasarkan data yang sesuai dengan kriteria aktivitas yang telah ditentukan. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Media audio visual sangat cocok digunakan pada pembelajaran pada mata pelajaran IPA kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Sirojul Huda Pasuruhan Kayen. 2) Penggunaan Media Audio Visual dapat membantu siswa menjadi lebih aktif, gemar bertanya, dan lebih semangat mengikuti proses pembelajaran. 3) Faktor penghambat implementasi Media Audio Visual dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV MI Sirojul Huda Pasuruhan Kayen, diantaranya kondisi peserta didik dan kurannya dukungan dari orang tua. Untuk faktor pendukung yaitu kemampuan mengajar guru serta sarana prasarana seperti ruangan kelas, media dan metode pembelajarannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Audio Visual, Keaktifan Siswa, Meningkatkan Hasil Belajar | |||||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran | |||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | |||||||||
Date Deposited: | 18 Nov 2024 04:32 | |||||||||
Last Modified: | 18 Nov 2024 04:32 | |||||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12603 |
Actions (login required)
View Item |