Implementasi Pembelajaran Kitab Kuning Alfiyah Ibnu Malik Dalam Pengembangan Nalar Kritis Santri di Pondok Pesantren An-Nur Al-Islamy Jekulo Kudus

Muttaqin, Ihsan Bahrum (2023) Implementasi Pembelajaran Kitab Kuning Alfiyah Ibnu Malik Dalam Pengembangan Nalar Kritis Santri di Pondok Pesantren An-Nur Al-Islamy Jekulo Kudus. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (437kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (461kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (637kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (752kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (421kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (930kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (498kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (518kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk 1) mendeskripsikan lebih dalam Konsep Pembelajaran Kitab Kuning Alfiyah Ibnu Malik di Pondok Pesantren An-Nur Al-Islamy Jekulo Kudus; 2) mendeskripsikan lebih dalam Pengembangan Nalar Kritis Santri di Pondok Pesantren An-Nur Al-Islamy Jekulo Kudus; 3) mendeskripsikan lebih dalam Dampak Implementasi Pembelajaran Kitab Kuning Alfiyah Ibnu Malik Dalam Pengembangan Nalar Kritis Santri di Pondok Pesantren An-Nur Al-Islamy Jekulo Kudus. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif dan menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Penggalian data menggunakan teknik wawancara yang terstruktur, teknik observasi partisipasi aktif, dan teknik dokumentasi. Penggunaan teknik wawancara terstruktur agar data mudah dikelompokkan dan dianalisis serta proses interview menjadi sistematis dan lebih terarah. Subjek pada penelitian ini, yaitu Pengasuh Pondok Pesantren, Ketua Pondok Pesantren, Ustadz pengampu kitab kuning alfiyah ibnu malik di pondok pesantren, Santri-santri di pondok pesantren. Teknik analisis menggunakan analisis model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman, yaitu data reduction, data display dan conclusion drawing atau verivication. Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, menngkatkan ketekunan, triangulasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa 1) konsep pembelajaran kitab kuning alfiyah ibnu malik yaitu Konsep pembelajaran kitab kuning alfiyah ibnu malik yaitu suatu proses mempelajari kitab kuning alfiyah ibnu malik bersama santri untuk memperoleh pengetahuan tentang kaidah Nahwu-Sharaf, cara membaca kitab kuning bahasa arab yang benar, nilai-nilai ilmu tasawuf, dan keyakinan dalam mengemukakan pendapat sehingg nantinya santri-santri yang sudah lulus mempunyai bekal ilmu di masyarakat. 2) Pengembangan nalar kritis di Pondok Pesantren An-Nur Al-Islamy Jekulo Kudus yaitu Ada beberapa tahapan yang dapat dilakukan dalam membina nalar kritis santri, dengan memanfaatkan desain yang ditujukan kepada santri, yaitu: Pertama, model pembelajaran yang memberikan penekanan pada santri dan membatasi keterlibatan ustadz dalam proses pembelajaran hanya sebatas pada keterlibatan santri saja. Kedua, membantu santri berkembang menjadi pembelajar yang lebih terlibat dan bertanggung jawab terhadap pembelajarannya sendiri. Ketiga, mendorong santri untuk mengambil inisiatif dan merasa bertanggung jawab dalam mengenali kebutuhan belajarnya. Keempat, memandang sumber data sebagai sumber yang mampu menjawab pertanyaan yang diajukan oleh santri lain. Ada beberapa model pembelajaran yang ditujukan kepada santri, antara lain (a) percakapan kelompok kecil (strategi pembelajaran yang dilakukan dengan membagi santri menjadi kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 3-5 santri. (b) pembelajaran kooperatif (suatu keadaan dimana terdapat paling sedikit dua orang santri). individu belajar atau mencoba mempelajari sesuatu bersama-sama). (c) Instruksi berbasis proyek (pendidikan yang menekankan partisipasi individu). 3) Dampak implementasi pembelajaran kitab kuning alfiyah ibnu malik dalam pengembangan nalar kritis santri yaitu (1) Santri dengan mudah dapat membedakan bentuk sifat, lafadz yang sesuai dengan kaidah-kaidah ilmu nahwu, (2) santri dapat mengembangkan pola pikir yang berfaedah dan bermanfaat, (3) santri dapat merumuskan atau menyusun kalimat berbahasa Arab dengan baik dan benar, (4) santri dengan mudah menterjemahkan susunan kalimat bahasa Arab dengan baik dan benar, (5) santri dapat mengembangkan kreativitas susunan kata atau kalimat sebagai perbedaraan kata dalam bahasa Arab, (6) pembelajaran ustadz kepada santri melalui metode menghafal, muthola’ah, muroja’ah. (7) Santri mudah mengingat pelajaran-pelajaran yang harmonis antara santri dengan ustadz sangat mendukung proses belajar sehingga mudah faham. (8) Mengurangi sifat individu santri yang cenderung mengutamakan personaliti dan perilaku sebagai kontrol sikap.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorChoir, AbuUNSPECIFIED
Thesis advisorMu'min, Ma'munUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kitab Kuning Alfiyah Ibnu Malik, Nalar Kritis, Santri
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Nov 2024 06:39
Last Modified: 18 Nov 2024 06:39
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12607

Actions (login required)

View Item View Item