Mas’udi, Ali (2017) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN SMK ISLAM AL-HIKMAH MAYONG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Masters thesis, STAIN Kudus.
Text
01. COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
02. DAFTAR ISI.pdf Download (61kB) |
|
Text
03. ABSTRAK.pdf Download (3MB) |
|
Text
04. BAB 1.pdf Download (3MB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (3MB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (3MB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (3MB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (3MB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) |
Abstract
Salah satu model pembelajaran yang modern adalah E-learning (Elektronic Learning). Konsep ini membawa pengaruh terjadinya transformasi pembelajaran pendidikan yang konvensional ke dalam bentuk digital, baik secara konten maupun sistemnya. Penerapan e-learning dalam proses kegiatan belajar mengajar memerlukan persiapan antara sarana prasarana, kualitas sumber daya manusia, pendanaan, materi, sistem pengelolaan serta yang tidak kalah pentingnya adalah akseptabilitas baik bagi pengelola maupun pengguna. Rumusan masalah penelitian sebagai berikut; 1) Bagaimana pengelolaan pembelajaran berbasis e-learning di SMK Islam Al-Hikmah Mayong Jepara tahun pelajaran 2016/2017? 2) Bagaimana kesiapan guru dan peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran berbasis e-learning di SMK Islam Al-Hikmah Mayong Jepara tahun pelajaran 2016/2017? 3) Bagaimana dukungan dan hambatan yang dihadapi dalam pengelolaan pembelajaran berbasis e-learning SMK Islam Al-Hikmah Mayong Jepara tahun pelajaran 2016/2017? Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian menggunakan snowball sampling. Uji kredibilitas data dan teknik analisisnya menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengelolaan pembelajaran berbasis e-learning di SMK Islam Al-Hikmah Mayong Jepara dilaksanakan dengan langkah-langkah penyusunan pengembangan strategi yang meliputi analisis dan penyusunan grand design, penyiapan sumber daya manusia, pemilihan dan implementasi teknologi e-learning, pengelolaan, peluncuran sistem dan evaluasi berkelanjutan, 2) Kesiapan guru dan peserta didik SMK Islam Al-Hikmah Mayong Jepara dalam pembelajaran berbasis e-learning masih kurang ditandai dengan belum meratanya kemampuan dan kapasitas guru dan peserta didik menguasai dan memanfaatkan teknologi informasi dan internet, 3) Pengelolaan pembelajaran berbasis e-learning di SMK Islam Al-Hikmah Mayong Jepara mendapatkan dukungan penuh dari Yayasan, Pengelola SMK, Peserta didik dan Masyarakat serta Pemerintah baik berupa kebijakan, komitmen, pendanaan, implementasi maupun pemanfaatannya. Hambatan dan kendala yang dihadapi dalam pengelolaan pembelajaran berbasis e-learning di SMK Islam Al-Hikmah Mayong Jepara antara adalah besarnya biaya operasional dan besarnya bandwidth yang diperlukan untuk operasional e-learning, belum meratanya kemampuan guru dan peserta didik dalam menggunakan teknologi informasi, keterbatasan sarana dan prasarana karena mahalnya biaya pengadaan infrastruktur e-learning.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 07 Jun 2017 06:33 |
Last Modified: | 07 Jun 2017 06:33 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1263 |
Actions (login required)
View Item |