Nisak, Khoirotun (2016) PENGARUH METODE OPEN ENDED LEARNING DAN METODE MEANS ENDS ANALYSIS TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS MATHOLIUL HUDA KELAS VIII DAMARWULAN KELING JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (937kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1)untuk mengetahui metode open ended learning, means ends analysis, dan kemampuan berfikir kritis peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MTs Miftahul Huda Damarwulan Keling Jepara (2) untuk mengetahui pengaruh metode open ended learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MTs Miftahul Huda Damarwulan Keling Jepara (3) untuk mengetahui pengaruh metode means ends analysis terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MTs Miftahul Huda Damarwulan Keling Jepara (4) untuk mengetahui pengaruh metode open ended learning dan means ends analysis secara simultan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MTs Miftahul Huda Damarwulan Keling Jepara. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan dalam situasi alamiah akan tetapi didahului oleh semacam intervensi (campur tangan) dari pihak peneliti. Dalam penelitian ini penulis melakukan studi lapangan di fiqih di MTs Miftahul Huda Damarwulan Keling Jepara yakni pada ruang lingkup kelas VIII. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari peserta didik kelas VIII A & VIII B sejumlah 81 peserta didik, kemudian diambil sampel sebesar 66 peserta didik dengan menggunakan teknik simple random sampling. Dalam analisis ini penulis menggunakan analisis statistik yaitu regresi dan korelasi, baik sederhana, ganda, dan korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1)Penerapan metode open ended learning dalam kategori sangat baik, yaitu sebesar 73. Sedangkan metode means ends analysis dalam kategori sangat baik 73, dan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam kategori baik 35..(2)Terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan metode open ended learning dengan kemampuan berpikir kritis peserta, dengan menggunakan model Ŷ = 15,706 + 0,338 X1. Hubungan keduanya positif dan signifikan yaitu sebesar 0,666 dalam kategori kuat..(3)Terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan metode means ends analysis dengan kemampuan berpikir kritis peserta didik, dengan menggunakan model Ŷ = 10,715 + 0,367 X2. Sedangkan hubungan keduanya positif dan signifikan yaitu sebesar 0,788 dalam kategori kuat.(4)Terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan metode open ended learning dan means ends analysis terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik, Ŷ =10,083 + 0,067 X1 + 0,319 X2. Sedangkan hubungan antara penerapan metode open ended learning dan means ends analysis secara simultan dengan kemampuan berpikir kritis peserta didik adalah positif dan signifikan, yaitu sebesar 0,793, dalam kategori kuat. Kata Kunci : Metode Open Ended Learning, Means Ends Analysis dan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Fiqih 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 07 Jun 2017 06:40 |
Last Modified: | 07 Jun 2017 06:40 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1264 |
Actions (login required)
View Item |