Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Modeling untuk Meningkatkan Perilaku Sopan Santun pada Peserta Didik Kelas XI MA Darul Ulum Purwogondo Jepara Tahun 2023

Ulya, Kiki Zahrotul (2024) Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Modeling untuk Meningkatkan Perilaku Sopan Santun pada Peserta Didik Kelas XI MA Darul Ulum Purwogondo Jepara Tahun 2023. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (912kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (265kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (342kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (543kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (744kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (664kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (856kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (385kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (410kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui bagimana pelaksanaan layanan bimbingan kelompok melalui teknik modeling untuk meningkatkan perilaku sopan santun pada peserta didik kelas XI MA Darul Ulum Purwogondo Jepara. 2) Untuk mengetahui seberapa efektivitas layanan bimbingan kelompok melalui teknik modeling untuk meningkatkan perilaku sopan santun pada peserta didik kelas XI MA Darul Ulum Purwogondo Jepara. Layanan bimbingan kelompok melalui teknik modeling merupakan proses pemberian bantuan untuk meningkatkan peserta didik dalam memperoleh informasi berupa pemberian contoh atau model yang diamati berdasarkan dengan nilai norma kesopanan yang baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen Pre Experimental One Group Pre-test Post-test Design. Populasi yng digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS 2 di MA Darul Ulum Purwogondo Jepara dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 8 responden dengan teknik nonprobabolity sampling jenis purposive. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji T atau sampel t-test (paired sample t-test). Berdasarkan hasil analisis data yang telah diperoleh menunjukkan bahwa 1) dalam bimbingan kelompok melalui teknik modeling untuk meningkatkan perilaku sopan santun pada peserta didik efektif dengan adanya hasil dari uji hipotesis menggunakan bantuan SPSS Versi 25, yaitu dengan nilai signifikansi (2-tailed) 5% yaitu 0,002 < 0,05 maka dapat menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. 2) Hasil dari perhitungan yang diperoleh nilai Thitung 4,869 dan nilai rata-rata pretest atau sebelum diberikan perlakuan lebih rendah yaitu dengan nilai sebesar 36,25 dan untuk nilai rata-rata dari postest atau setelah diberikan perlakuan nilai rata-ratanya lebih tinggi dengan nilai sebesar 60,375. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa efektivitas layanan bimbingan kelompok melalui teknik modeling untuk meningkatkan perilaku sopan santun pada peserta didik kelas XI MA Darul ulum Purwogondo Jepara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSetyawan, David AriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Modeling, Sopan Santun
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 Nov 2024 08:35
Last Modified: 20 Nov 2024 08:35
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12663

Actions (login required)

View Item View Item