Nadhiroh, Anisatun (2023) Studi Analisis Pelaksanaan Evaluasi Bentuk Tes dan Non Tes Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Silahul Ulum Asempapan Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (204kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (166kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (324kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (577kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (271kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (462kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (223kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (299kB) |
Abstract
Penelitian mengenai analisis pelaksanaan evaluasi bentuk tes dan non tes dilatar belakangi karena evaluasi dipandang sebagai masukan yang diperoleh dari proses pembelajaran yang dapat dipergunakan untuk mengetahui kekuatan dan elemahan berbagai komponen yang terdapat dalam suatu proses belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (1) Bagaimana pelaksanaan evaluasi bentuk tes maupun non tes dan pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Silahul Ulum Asempapan Pati, (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan evaluasi bentuk tes maupun non tes dan pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Silahul Ulum Asempapan Pati, (3) Kelebihan dan kelemahan pelaksanaan evaluasi bentuk tes dan non tes. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field research). yaitu penelitian yang sumber datanya dikumpulkan dari lapangan atau tempat terjadinya gejala. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dari instansi MTs Silahul Ulum Asempapan Pati. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti sebagai berikut: (1) Pelaksanaan evaluasi tes dilakukan pada saat proses pembelajaran di kegiatan akhir sebelum penutup dengan bentuk tes tulis yaitu dalam bentuk soal pilihan ganda, soal uraian, soal menjodohkan. Sedangkan evaluasi bentuk non tes pada mata pelajaran Akidah Akhlak yaitu dilakukan disepanjang kegiatan belajar mengajar berlangsung. Evaluasi non tes ini biasanya lebih sering diambil dari tes sikap peserta didik, pengetahuan, perilaku, keaktifan, serta kompetensi lain yang ada pada peserta didik. Selain itu, evaluasi non tes ini juga diambil dari soal sesi tanya jawab yang diberikan dari awal pembelajaran sampai kegiatan belajar mengajar selesai. Dengan begitu guru bisa menilai dari sudut pandangnya. (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan evaluasi bentuk tes dan non tes pada mata pelajaran Akidah Akhlak yiatu salah satunya waktu yang digunakan untuk evaluasi bisa lebih efektif dan peserta didik lebih proakif untuk bersama-sama mencapai tujuan yang dicapai. Tetapi banyak guru yang lebih memilih menggunakan evaluasi non tes daripada tes, karena mampu membantu guru untuk mengetahui prestasi siswa dari segi keaktifan sikap dan tanggung jawab, siswa siswi yang aktif. Adapun faktor penghambat meliputi terbatasnya waktu, pengetahuan peserta didik yang kurang, dan teknologi yang semakin canggih. (3) Kelebihan dan kelemahan evaluasi bentuk tes dan non tes yaitu instrumen mudah disusun dan disiapkan serta mendorong peserta didik untuk berani mengemukakan pendapat serta menyusun kata dalam bentuk kalimat. Sedangkan kelemahan evaluasi non tes yaitu membutuhkan waktu yang sangat lama dan untuk yang tes penilaian hanya berfokus pada aspek kognitif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi Bentuk Tes dan Non Tes, Mapel Akidah Akhlak | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 28 Nov 2024 04:10 | ||||||
Last Modified: | 28 Nov 2024 04:10 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12766 |
Actions (login required)
View Item |