Efektivitas Model Pembelajaran Think Pair Share dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Ibadah dan Karakteristiknya Kelas X di MA Manzilul Ulum Kudus

Alhaddadi, Ashob (2023) Efektivitas Model Pembelajaran Think Pair Share dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Ibadah dan Karakteristiknya Kelas X di MA Manzilul Ulum Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (954kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (504kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (859kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (683kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (975kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (196kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (413kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih materi ibadah dan karakteristiknya kelas X di MA Manzilul Ulum Kudus. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran Fiqih masih berada dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Penelitian ini menggunakan pendekatan Mixed method dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experimental). Penelitian ini dilakukan di Kelas X di MA Manzilul Ulum Kudus. Peneliti menggunakan teknik sampling purposive dan terpilih dua kelas untuk dijadikan kelas penelitian. Data yang dianalisis menggunakan uji parametrik yaitu uji ttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Hasil belajar siswa setelah pelaksanaan model pembelajaran Think Pair Share kelas eksperimen dan hasil belajar siswa setelah pelaksanaan model pembelajaran Direct Instruction kelas kontrol pada mata pelajaran Fiqih Kelas X di MA Manzilul Ulum Kudus berdasarkan data nilai rata-rata posttest hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 85,7 Sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 56,81 (2) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran Direct Instruction pada mata pelajaran Fiqih Kelas X di MA Manzilul Ulum Kudus. Berdasarkan hasil posttest, kemudian di uji dengan uji Independent sample t test dan diketahui bahwa bahwa nilai signifikansi < 0.05 yaitu 0.000 < 0.05. Penelitian ini juga menemukan bahwa model pembelajaran TPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian selanjutnya dapat mengembangkan model pembelajaran TPS dengan menggunakan media atau sumber belajar yang lebih variatif dan menarik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSupa'at, Supa'atUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Think Pair Share, Hasil Belajar,Fiqih ibadah dan karakteristiknya
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Dec 2024 04:27
Last Modified: 03 Dec 2024 04:27
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12809

Actions (login required)

View Item View Item