Manajemen Pembelajaran IPS di MTs NU Hasyim Asy’ari 03 Honggosoco Jekulo Kudus

Sari, Diah Ayu Mustika (2024) Manajemen Pembelajaran IPS di MTs NU Hasyim Asy’ari 03 Honggosoco Jekulo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi manajemen pembelajaran IPS di MTs NU Hasyim Asy’ari 03 Honggosoco Jekulo Kudus. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu peneliti berusaha untuk mengungkap suatu fakta dalam fenomena sosial. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer yang diperoleh dari subjek penelitian yang terdiri dari Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran Ips dan 3 siswa di MTs NU Hasyim Asy’ari 03 Honggosoco Jekulo Kudus. Sedangkan, sumber data sekunder diperoleh dari kegiatan observasi dan dokumentasi yang berupa dokumen arsip sekolah, dan buku-buku di di MTs NU Hasyim Asy’ari 03 Honggosoco Jekulo Kudus. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan pembelajaran guru di MTs NU Hasyim Asy’ari 3 Honggosoco Jekulo Kudus dilakukan dengan menyiapkan materi, metode, RPP dan silabus. Metode yang dipakai dalam mengajar mata pelajaran IPS disini adalah dengan metode ceramah, CTL, dan diskusi. Metode ceramah lebih sering dilakukan, namun terkadang juga menggunakan metode CTL dan diskusi untuk mengalihkan fokus siswa agar lebih tertuju pada pelajaran yang sedang diajarkan. Pelaksanaan pembelajaran di MTs NU Hasyim Asy’ari 3 Honggosoco Jekulo Kudus adalah melakukan pembukaan dengan siswa masuk di dalam kelas, mengucapkan salam, mengisi absen, melanjutkan materi yang dibahas, pengumpulan tugas jika ada, dan lanjut materi jika memungkinkan. Ketika sudah tidak memungkinkan untuk dilanjutkan materi, biasanya pendidik mengikuti apa yang diinginkan siswa dengan catatan materi yang diberikan sudah cukup sesuai target pembelajaran. Tetapi, terdapat faktor penghambat dalam pelaksanaanya yaitu siswa yang kurang kondusif dan prasarana yang kurang memadai sehingga kesulitan untuk menggunakan media belajar. Adanya faktor penghambat tidak menjadikan manajemen pembelajaran mengalami kegagalan, karena pada kenyataanya guru berhasil memberikan solusi untuk mengatasi faktor penghambat tersebut. Evaluasi pembelajaran di MTs NU Hasyim Asy’ari 3 Honggosoco Jekulo Kudus menggunakan evaluasi tes formatif melalui Ulangan Tengah Semester, Ulangan Akhir Semester, tugas harian dan PR. Dalam penilaian evaluasi, disini lebih menekankan pada evaluasi kognitif saja, sedangkan kemampuan afektif tidak dilakukan secara mendalam tetapi hanya dilihat dari seberapa siswa dapat merespon saat pembelajaran di lakukan dan evaluasi kemampuan psikomotorik disini tidak diterapkan sama sekali. Dalam hal ini evaluasi hanya menggunakan metode tes bukan non tes. Metode tes yang digunakan melalui tes pilihan ganda dan essay. Test tersebut dipilih karena dapat membentuk hots pada siswa. MTs NU Hasyim Asyari 3 dinilai berhasil dalam menerapkan manajemen pembelajaran. Hal itu dibuktikan dengan hasil yang didapat siswa dalam belajar IPS pada aspek intelektual, social, dan individual pada siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAkbar, Rofiq FaudyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran, IPS, MT
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Dec 2024 08:44
Last Modified: 09 Dec 2024 08:44
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12850

Actions (login required)

View Item View Item