Analisis Tingkat Pemahaman Nasabah Terhadap Akad Rahn Di Pegadaian Syariah (Studi Kasus Di Kantor Pegadaian Syariah UPS Ronggolawe Kudus)

Witnailisshofia, Witnailisshofia (2023) Analisis Tingkat Pemahaman Nasabah Terhadap Akad Rahn Di Pegadaian Syariah (Studi Kasus Di Kantor Pegadaian Syariah UPS Ronggolawe Kudus). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (954kB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (191kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (263kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (195kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (365kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (188kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB)

Abstract

Lembaga keuangan syariah menerapkan berbagai macam akad serta produk yang dijalankan. Salah satu produk yang ada di pegadaian syariah adalah akad rahn. Sebelum memahami produk serta akad diperlukan adanya ilmu pengetahuan. Pada dasarnya nasabah harus memahami terlebih dahulu berbagai produk yang ada di lembaga keuangan syariah supaya bisa mengambil keputusan baik dalam tingkat risiko yang akan dihadapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tingkat pemahaman nasabah terhadap akad rahn di pegadaian syariah. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kualitatif yaitu suatu penelitian yang ditemukan secara umum dilapangan yang akan disimpulkan secara khusus dalam menjawab suatu permasalahan. Peneliti menggunakan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi akad rahn di pegadaian syariah sangat mudah hanya perlu menyerahkan fotokopi KTP serta barang bergerak yang akan digadaikan. Tingkat pemahaman nasabah terhadap akad rahn juga cukup baik, dengan pemahaman yang baik nasabah nanti dapat mengelola keuangannya dengan baik dan bisa mulai bertransaksi di lembaga keuangan terutama pegadaian syariah. Strategi yang dilakukan pegadaian syariah ialah dengan memperluas saluran distribusi dengan melakukan pengenalan produk produk, selanjutnya memilih pasar sasaran produk kepada calon nasabah yakni kaum menengah kebawah. Dalam penentuan strateginya, pegadaian syariah juga menggunakan strategi peningkatan nasabah yang berasal dari kantor pusat lalu divariasi oleh pegadaian syariah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNuha, UlinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Lembaga Keuangan Syariah, Pegadaian Syariah, Akad Rahn
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Ekonomi, Perekonomian
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 Dec 2024 06:58
Last Modified: 20 Dec 2024 06:58
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12945

Actions (login required)

View Item View Item