Ni’mah, Fitrotun (2023) Pengaruh Pemahaman Materi Akidah Akhlak dengan Sikap Sosial Siswa Kelas IX MTs Hasan Kafrawi Mayong Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01.COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
02.ABSRAK.pdf Download (552kB) |
|
Text
03.DAFTAR ISI.pdf Download (348kB) |
|
Text
04.BAB I.pdf Download (579kB) |
|
Text
05.BAB II.pdf Download (774kB) |
|
Text
06.BAB III.pdf Download (959kB) |
|
Text
07.BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
08.BAB V.pdf Download (451kB) |
|
Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (566kB) |
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini di latar belakangi oleh perbedaan perilaku antara peserta didik yang satu dengan peserta didik lainnya, terkait permasalahan ini bisa saja terjadi karena pengaruh dari faktor internal dari dalam diri setiap peserta didik dan faktor eksternal dari lingkungan sekitar peserta didik. Oleh karena itu orang tua dan pendidik baik itu di lingkungan keluarga maupun lingkungan sekolah mempunyai peranan tersendiri yang penting dalam pembentukan karakter peserta didik. Lingkungan sekolah harus dapat menjadi wahana yang dapat mengembangkan segala potensi dari seorang anak didiknya. Jadi dalam lingkungan sekolah guru bisa memberikan pengaruh pembentukan sikap sosial dan pengembangan potensi siswa. Baik itu melalui program-program sekolah ataupun mata pelajaran agama di sekolah, hal itulah yang diharapkan dapat menjadikan anak didik berperilaku unggul. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian korelasi Pearson’s Product Moment. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 83 siswa dan semua anggota populasi dijadikan sampel oleh penulis yaitu Siswa kelas IX MTs Hasan Kafrawi Pancur Mayong Jepara. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument tes untuk variabel x pemahaman materi akidah akhklak dengan bentuk soal essay dan pilihan ganda dan instrument angket untuk variabel y yaitu perilaku sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pemahaman Materi Akidah Akhlak siswa kelas IX MTs Hasan Kafrawi menunjukkan pada kategori sedang, dengan presentase nilai 62,66% dengan jumlah frekuensi 52 siswa. (2) Sikap Sosial siswa di MTs Hasan Kafrawi di kelas IX menunjukkan pada kategori tinggi dengan persentase 90,36% dengan jumlah frekuensi 75 siswa. (3) Terdapat hubungan antara pemahaman materi akidah akhlak dengan sikap sosial siswa. Hal ini ditunjukkan dengan r hitung > r table (0,516 > 0,1818). Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan SPSS, maka uji t disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pemahaman materi Akidah Akhlak dengan sikap sosial siswa kelas IX MTs Hasan Kafrawi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman Materi Akidah Akhlak, Sikap Sosial | ||||||
Subjects: | Akhlak dan Tasawuf > Akhlak Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 20 Dec 2024 07:13 | ||||||
Last Modified: | 20 Dec 2024 07:13 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12948 |
Actions (login required)
View Item |