Pengaruh Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah Miftahul Huda Bulungan Pakis Aji Jepara

Astuti, Hesti Dian (2023) Pengaruh Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah Miftahul Huda Bulungan Pakis Aji Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (395kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (408kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (418kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (919kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (780kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (400kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (519kB)

Abstract

Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an merupakan kegiatan yang baik dan positif dalam meningkatkan Motivasi seorang siswa. Semakin istiqomah siswa mengikuti kegiatan Tadarus Al-Qur’an semakin tinggi motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran Al-Qur’an Hadits, sehingga siswa mendapatkan Hasil belajar Al-Qur’an Hadits yang memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Pembiasaan Tadarus AL-Qur’an terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah Miftahul Huda Bulungan Pakis Aji Jepara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X, XI, dan XII di Madrasah Aliyah Miftahul Huda Bulungan Pakis Aji Jepara yang berjumlah 168 siswa dan sampel penelitian berjumlah 42 siswa dengan teknik purposive sampling (sampel bertujuan). Data dikumpulkan dengan menggunakan angket, hasil nilai PAT/PTS dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis regresi linier sederhana dengan menggunkana aplikasi SPSS versi 25.0. Hasil analisis data menunjukkan bahwa faktor-faktor penentu yang mempengaruhi motivasi dan hasil belajar Al-Qur’an Hadits yaitu: Kontinuitas Tadarus Al-Qur’an, Kesungguhan Tadarus Al-Qur’an, dan Konsistensi Tadarus Al-Qur’an menunjukkan bahwa Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an berpengaruh signifikan 32,4% terhadap Motivasi Belajar Al-Qur’an Hadits, dan Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an berpengaruh signifikan 30,5% terhadap Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFalah, AhmadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Al-Qur’an Hadits
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 Dec 2024 07:25
Last Modified: 20 Dec 2024 07:25
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12950

Actions (login required)

View Item View Item