Astuti, Hesti Dian (2023) Pengaruh Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah Miftahul Huda Bulungan Pakis Aji Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (395kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (408kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (418kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (919kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (780kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (400kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (519kB) |
Abstract
Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an merupakan kegiatan yang baik dan positif dalam meningkatkan Motivasi seorang siswa. Semakin istiqomah siswa mengikuti kegiatan Tadarus Al-Qur’an semakin tinggi motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran Al-Qur’an Hadits, sehingga siswa mendapatkan Hasil belajar Al-Qur’an Hadits yang memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Pembiasaan Tadarus AL-Qur’an terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah Miftahul Huda Bulungan Pakis Aji Jepara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X, XI, dan XII di Madrasah Aliyah Miftahul Huda Bulungan Pakis Aji Jepara yang berjumlah 168 siswa dan sampel penelitian berjumlah 42 siswa dengan teknik purposive sampling (sampel bertujuan). Data dikumpulkan dengan menggunakan angket, hasil nilai PAT/PTS dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis regresi linier sederhana dengan menggunkana aplikasi SPSS versi 25.0. Hasil analisis data menunjukkan bahwa faktor-faktor penentu yang mempengaruhi motivasi dan hasil belajar Al-Qur’an Hadits yaitu: Kontinuitas Tadarus Al-Qur’an, Kesungguhan Tadarus Al-Qur’an, dan Konsistensi Tadarus Al-Qur’an menunjukkan bahwa Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an berpengaruh signifikan 32,4% terhadap Motivasi Belajar Al-Qur’an Hadits, dan Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an berpengaruh signifikan 30,5% terhadap Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Al-Qur’an Hadits | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 20 Dec 2024 07:25 | ||||||
Last Modified: | 20 Dec 2024 07:25 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12950 |
Actions (login required)
View Item |