Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Budaya Literasi di MA Muallimat NU Demaan Kudus

Wahyuni, Dwi Nur (2023) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Budaya Literasi di MA Muallimat NU Demaan Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (661kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (136kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (155kB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (352kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (819kB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (246kB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (556kB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (144kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (213kB)

Abstract

Budaya literasi adalah suatu usaha mendorong cara berpikir yang konstruktif dan kreatif dengan menggunakan proses membaca dan menulis untuk menciptakan karya yang memberikan dampak positif pada individu maupun kelompok. Seorang guru agama Islam (PAI) dalam kegiatan literasi sangatlah vital perannya dikarenakan sebagai tenaga pendidik dan agen perubahan yang selalu memberikan kesempatan untuk berprakarsa yakni berupa arahan, motivasi dan contoh teladan sehingga membantu siswa mencapai kedewasaan dalam aspek lahir dan batin. Peneliti memilih pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif dikarenakan tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan secara mendalam terkait budaya literasi, peran Guru PAI, faktor pendukung dan faktor penghambat dalam mengembangkan budaya literasi yang sudah diperoleh dari lapangan yakni MA Muallimat NU Demaan Kudus dengan menjelaskannya secara verbal. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru PAI, Kepala Sekolah, dan Siswa di MA Muallimat NU Demaan Kudus. Adapun setelah proses pengumpulan dan analisis data peneliti memperoleh penemuan: 1) Budaya literasi yang dikembangkan di MA Muallimat NU Demaan Kudus yaitu melalui ekstrakurikuler dakwah, dialog interaktif dengan mengundang Khilma Anis, dan ekstrakurikuler jurnalistik yang termuat dalam majalah Kalamuna, Akrimna, Magnum. 2) Guru PAI ikut berperan dalam mengembangkan budaya literasi di antaranya dengan menjadi Teladan, Evaluator dan Fasilitator. 3) Faktor pendukung guru PAI ikut berperan dalam mengembangkan budaya literasi di antaranya: adanya anjuran pemerintah, dukungan orangtua, komitmen Kepala Sekolah, kerjasama antar guru yang solid serta tersedianya fasilitas sarana dan prasarana. Adapun faktor penghambat dari sikap malas siswa sendiri, perbedaan intelektual dan lingkungan sosial yang tidak membiasakan literasi sebelumnya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNusaibah, NusaibahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran, Guru PAI, Budaya Literasi
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 Dec 2024 02:00
Last Modified: 24 Dec 2024 02:00
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12966

Actions (login required)

View Item View Item