Wahyuni, Dwi Nur (2023) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Budaya Literasi di MA Muallimat NU Demaan Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. Cover.pdf Download (661kB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (136kB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (155kB) |
|
Text
4. Bab I.pdf Download (352kB) |
|
Text
5. Bab II.pdf Download (819kB) |
|
Text
6. Bab III.pdf Download (246kB) |
|
Text
7. Bab IV.pdf Download (556kB) |
|
Text
8. Bab V.pdf Download (144kB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (213kB) |
Abstract
Budaya literasi adalah suatu usaha mendorong cara berpikir yang konstruktif dan kreatif dengan menggunakan proses membaca dan menulis untuk menciptakan karya yang memberikan dampak positif pada individu maupun kelompok. Seorang guru agama Islam (PAI) dalam kegiatan literasi sangatlah vital perannya dikarenakan sebagai tenaga pendidik dan agen perubahan yang selalu memberikan kesempatan untuk berprakarsa yakni berupa arahan, motivasi dan contoh teladan sehingga membantu siswa mencapai kedewasaan dalam aspek lahir dan batin. Peneliti memilih pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif dikarenakan tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan secara mendalam terkait budaya literasi, peran Guru PAI, faktor pendukung dan faktor penghambat dalam mengembangkan budaya literasi yang sudah diperoleh dari lapangan yakni MA Muallimat NU Demaan Kudus dengan menjelaskannya secara verbal. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru PAI, Kepala Sekolah, dan Siswa di MA Muallimat NU Demaan Kudus. Adapun setelah proses pengumpulan dan analisis data peneliti memperoleh penemuan: 1) Budaya literasi yang dikembangkan di MA Muallimat NU Demaan Kudus yaitu melalui ekstrakurikuler dakwah, dialog interaktif dengan mengundang Khilma Anis, dan ekstrakurikuler jurnalistik yang termuat dalam majalah Kalamuna, Akrimna, Magnum. 2) Guru PAI ikut berperan dalam mengembangkan budaya literasi di antaranya dengan menjadi Teladan, Evaluator dan Fasilitator. 3) Faktor pendukung guru PAI ikut berperan dalam mengembangkan budaya literasi di antaranya: adanya anjuran pemerintah, dukungan orangtua, komitmen Kepala Sekolah, kerjasama antar guru yang solid serta tersedianya fasilitas sarana dan prasarana. Adapun faktor penghambat dari sikap malas siswa sendiri, perbedaan intelektual dan lingkungan sosial yang tidak membiasakan literasi sebelumnya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran, Guru PAI, Budaya Literasi | ||||||
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Guru |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 24 Dec 2024 02:00 | ||||||
Last Modified: | 24 Dec 2024 02:00 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12966 |
Actions (login required)
View Item |