Nino, Nindia Lutfiatun (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Permainan Tradisional Engklek Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Bilangan Bulat Kelas VII Madrasah Tsanawiyyah. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (371kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (199kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (397kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (499kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (633kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (383kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (369kB) |
Abstract
Permasalahan peserta didik mengenai kendala pada pembelajaran matematika yaitu matematika dasar dan minat belajar peserta didik rendah. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran menggunakan permainan tradisional engklek meningkatkan kemampuan penguasaan bilangan bulat untuk menjadikan peserta didik lebih aktif dan memiliki motivasi belajar matematika yang tinggi. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) meggunakan model pengembangan ADDIE, model tersebut memiliki lima tahapan yaitu Analysis (Analisis), Design (Perencanaan), Development (Pengembangan), Implementation (Pelaksanaan), dan Evaluation (Evaluasi). Tahapan yang dilakukan yaitu Analisys, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Media yang dikembangkan pada penelitian ini adalah menggunakan permainan tradisional engklek dengan bentuk cetak berupa banner berwarna yang dibuat dengan menggunakan aplikasi CanvaPro dan Microsoft Word 2013. Untuk mengetahui kevalidan kualitasnya dengan dilakukan validasi oleh ahli materi dan ahli media serta kelayakannya dengan dilakukan uji coba. Data penelitian diperoleh dari wawancara dan instrumen angket (validasi ahli, uji coba produk skala kecil dan uji coba produk skala besar), media pembelajaran menggunakan permainan tradisional engklek subjek uji coba skala besar 18 peserta didik kelas VII A MTs Darul Ulum Srikandang Jepara. Kelayakan permainan tradisional engklek dilakukan dengan uji coba produk memperoleh rata-rata 79.55555556 berada dalam rentang skor x ̅ > 65 masuk pada kategori “Sangat Layak”, dari kelayakan tersebut media dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Dari pengembangan yang telah dilakukan yaitu untuk meningkatkan kemampuan penguasaan bilangan bulat kelas VII madrasah tsanawiyyah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Media, Permainan Tradisional Engklek, Bilangan Bulat | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar > Matematika |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 24 Dec 2024 06:18 | ||||||
Last Modified: | 24 Dec 2024 06:18 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12995 |
Actions (login required)
View Item |