Septiani, Elita (2023) Implementasi Metode Diskusi dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs Islamiyah Blingoh Donorojo Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (670kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (384kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (379kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (423kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (486kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (428kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (507kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (288kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (343kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode diskusi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs Islamiyah Blingoh Donorojo Jepara, untuk mengetahui keaktifan belajar siswa pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs Islamiyah Blingoh Donorojo Jepara, dan kendala implementasi metode diskusi dalam menumbuhkan keaktifan belajar siswa pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs Islamiyah Blingoh Donorojo Jepara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan atau field research dengan pendekatan kualittaif deskriptif. Subjek penelitian adalah guru IPS, peserta didik kelas VII. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles Huberman yaitu pengumpulan data, pengolahnan data, penyajian data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, pertama, metode diskusi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs Islamiyah Blingoh Donorojo Jepara ada tiga langkah. Adapun langkah tersebut adalah persiapan, pelaksanaan, dan akhir. Kedua, keaktifan belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs Islamiyah Blingoh Donorojo Jepara ada dua macam, pertama aktif secara fisik, dan aktif secara psikis. Aktif secara fisik merupakan aktivitas mencatat, mendengarkan, membaca, dan berdiskusi. Aktif secara psikis adalah indra, akal, emosi, dan ingatan. Ketiga, kendala implementasi metode diskusi dalam menumbuhkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs Islamiyah Blingoh Donorojo Jepara ada dua yaitu internal dan eksternal. Kendala internalnya adalah alokasi waktu dan kerja sama antara siswa dan guru yang kurang. Kendala eksternal hanya ditemukan pada konflik antar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode, Diskusi, Keaktifan, Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 27 Dec 2024 02:09 | ||||||
Last Modified: | 27 Dec 2024 02:09 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13007 |
Actions (login required)
View Item |