Implementasi Metode Diskusi dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs Islamiyah Blingoh Donorojo Jepara

Septiani, Elita (2023) Implementasi Metode Diskusi dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs Islamiyah Blingoh Donorojo Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (670kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (384kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (379kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (423kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (486kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (428kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (507kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (288kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (343kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode diskusi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs Islamiyah Blingoh Donorojo Jepara, untuk mengetahui keaktifan belajar siswa pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs Islamiyah Blingoh Donorojo Jepara, dan kendala implementasi metode diskusi dalam menumbuhkan keaktifan belajar siswa pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs Islamiyah Blingoh Donorojo Jepara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan atau field research dengan pendekatan kualittaif deskriptif. Subjek penelitian adalah guru IPS, peserta didik kelas VII. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles Huberman yaitu pengumpulan data, pengolahnan data, penyajian data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, pertama, metode diskusi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs Islamiyah Blingoh Donorojo Jepara ada tiga langkah. Adapun langkah tersebut adalah persiapan, pelaksanaan, dan akhir. Kedua, keaktifan belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs Islamiyah Blingoh Donorojo Jepara ada dua macam, pertama aktif secara fisik, dan aktif secara psikis. Aktif secara fisik merupakan aktivitas mencatat, mendengarkan, membaca, dan berdiskusi. Aktif secara psikis adalah indra, akal, emosi, dan ingatan. Ketiga, kendala implementasi metode diskusi dalam menumbuhkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs Islamiyah Blingoh Donorojo Jepara ada dua yaitu internal dan eksternal. Kendala internalnya adalah alokasi waktu dan kerja sama antara siswa dan guru yang kurang. Kendala eksternal hanya ditemukan pada konflik antar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFatmawati, NoorUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode, Diskusi, Keaktifan, Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Dec 2024 02:09
Last Modified: 27 Dec 2024 02:09
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13007

Actions (login required)

View Item View Item