Pengembangan Digital Module Bermuatan Etnosains Produksi Garam Tradisional Berorientasi Literasi Ilmiah Pada Topik Klasifikasi Materi Untuk Siswa Kelas VII SMP/MTs

Mustafidah, Eny (2024) Pengembangan Digital Module Bermuatan Etnosains Produksi Garam Tradisional Berorientasi Literasi Ilmiah Pada Topik Klasifikasi Materi Untuk Siswa Kelas VII SMP/MTs. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (454kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (227kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (307kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (584kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (622kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (441kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (494kB)

Abstract

Pendidikan merupakan suatu bentuk proses sosialisasi. Di lingkungan sekolah, pembelajaran terjadi sebagai bentuk formal dari proses sosialisasi ini. Pendidikan juga dianggap sebagai sarana untuk mengubah budaya. Fungsi pendidikan adalah menciptakan perubahan menuju kehidupan yang lebih inovatif. Oleh karena itu, diharapkan bahwa sistem pendidikan yang ada di suatu daerah memiliki peran yang krusial dalam kemajuan pendidikan dan kebudayaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan digital module bermuatan etnosains produksi garam tradisional pada topik klasifikasi materi kelas VII dan untuk mengetahui kelayakan digital module bermuatan etnosains dalam implementasinya pada pembelajaran IPA topik klasifikasi materi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D). prosedur pengembangan penelitian ini meliputi define, design dan development. Instrument pengumpulan data menggunakan observasi, instrument validasi ahli dan instrumen respon pendidik. Teknik analisis data menggunakan koefisien reprodusibilitas dan koefisien skalabilitas. Hasil dari penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran dan materi dalam digital module dirancang sesuai dengan karakteristik model pembelajaran discovery learning. Modul ini mengajak peserta didik untuk melakukan pencarian dan penyelidikan secara sistematis, kritis dan logis dengan tujuan menemukan pengetahuan, sikap dan keterampilan. Produk digital module ini dinyatakan valid dan layak digunakan sebagai salah satu bahan ajar. Validitas ini didukung oleh hasil penelilaian oleh ahli materi dan ahli media, masing-masing mencapai skor 0,93 dan 0, 95 dengan kategori validitas yang tinggi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorImaduddin, MuhamadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Digital module, Etnosains, Literasi Ilmiah
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Aktivitas Pembelajaran
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Modul Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Dec 2024 03:03
Last Modified: 27 Dec 2024 03:03
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13017

Actions (login required)

View Item View Item