Abror, Sujud Nurul (2023) Jumbled Sentences of Descriptive Text in the Treasure Hunt Game Activity: A Case Study at an Islamic Junior High School in Banjarnegara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (1MB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (1MB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) |
Abstract
Bahasa Inggris adalah bahasa yang sangat penting di era ini. Namun di Indonesia, masih banyak siswa yang menganggap bahasa Inggris sebagai salah satu mata pelajaran yang paling menantang. Salah satu faktornya adalah penerapan teknik pengajaran yang monoton di dalam kelas, yang membuat siswa mudah merasa bosan. Oleh karena itu, peneliti menyelidiki bagaimana guru bahasa Inggris di sebuah Sekolah Menengah Pertama Islam di Bnajarnegara menggunakan permainan mencari harta karun untuk kalimat acak pada materi teks deskriptif, serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana peneliti mengamati secara langsung pelaksanaan permainan treasure hunt dan melakukan wawancara dengan Waka Kurikulum, guru bahasa Inggris, dan beberapa siswa kelas VII. Selain itu, peneliti melakukan dokumentasi untuk mendukung hasil temuan. Peneliti menggunakan triangulasi data untuk menarik kesimpulan dalam penelitian ini. Para peserta diberi kesempatan untuk membaca hasil penelitian, yang membantu peneliti memvalidasi data. Pelaksanaan permainan mencari harta karun dalam kalimat rumpang teks deskriptif di sebuah Sekolah Menengah Pertama Islam di Bnajarnegra melibatkan dua tahap: persiapan dan pelaksanaan. 1) Tahap persiapan meliputi pembuatan RPP, pemilihan lokasi, pembuatan media, dan penempatan item yang semuanya dilakukan oleh guru bahasa Inggris. 2) Pelaksanaan, yang memiliki tiga tahap: pra-permainan, yang meliputi pembagian kelas, pemilihan tema, dan diskusi petunjuk pertama, tahap permainan di mana siswa mencari semua barang yang disembunyikan dengan menggunakan petunjuk, dan pasca-permainan adalah tahap akhir. Keterampilan menulis teks deskriptif dalam bentuk jumbled sentences dimulai pada tahap ini. Barang-barang yang telah ditemukan sekarang diterjemahkan dan disusun sesuai dengan tema yang telah dipilih secara acak di awal permainan. Ketika ada bagian teks yang tidak sesuai dengan tema, siswa harus mencari di seluruh kelompok untuk menggabungkan potongan-potongan teks deskriptif tersebut menjadi satu teks yang koheren. Faktor pendukung yang berkaitan dengan pelaksanaan permainan treasure hunt untuk meningkatkan kemampuan menulis teks deskriptif adalah; 1) media pembelajaran yang dibuat oleh guru bahasa Inggris dan sarana prasarana sekolah, 2) kemampuan dasar bahasa Inggris siswa sangat membantu permainan berjalan dengan lancar, 3) bagaimana siswa memainkan permainan, termasuk ketelitian, kesabaran, dan karakteristik lainnya, dan yang terakhir adalah 4) upaya guru termasuk mengatur permainan dan membantu siswa ketika mereka menemui masalah. Selain faktor pendukung di atas, hambatan dalam permainan treasure hunt adalah sebagai berikut; 1) Lamanya waktu yang dibutuhkan oleh guru bahasa Inggris untuk menyiapkan permainan agar dapat berjalan dengan baik, selain itu 2) terbatasnya kosakata yang dimiliki siswa sehingga memaksa mereka untuk sering membuka kamus ketika memahami petunjuk
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Deskriptif teks, Implementasi, Kalimat Acak, Permainan mencari harta karun, Keterampilan menulis | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan Bahasa > Bahasa Inggris Bahasa > Bahasa Inggris > Tata Bahasa Inggris |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris (BI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 27 Dec 2024 04:07 | ||||||
Last Modified: | 27 Dec 2024 04:07 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13028 |
Actions (login required)
View Item |