Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Berbasis Strategi Crossword Puzzle untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMPN 1 Kalinyamatan Tahun Ajaran 2022/2023

Maulana, Ahmad Rizal (2023) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Berbasis Strategi Crossword Puzzle untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMPN 1 Kalinyamatan Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. cover-kata pengantar.pdf

Download (939kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (231kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (291kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (284kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (421kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (285kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (422kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (197kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (311kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Cooperative Learning melalui strategi Crossword Puzzle yang dapat menumbuhkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMPN 1 Kalinyamatan Jepara. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan jenis observasi non-partisipasi. Pengambilan data didukung dengan wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh secara langsung diolah dan disajikan pada pembahasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Learning dengan strategi Crossword Puzzle di SMPN 1 Kalinyamatan sesuai prosedur dan sudah cukup baik. Adapun faktor yang menjadi pendorongnya adalah 1) kesiapan guru, 2) antusias peserta didik, 3) materi pembelajaran yang relevan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah 1) keterbatasan waktu dalam pembelajaran yang minim 2) kondisi suasana peserta didik sering berganti. Keberhasilan dalam menumbuhkan minat belajar yakni dapat dilihat dari tiga indikator yaitu ketertarikan untuk belajar, perasaan senang belajar, dan menunjukkan perhatian saat belajar. Penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan untuk menambah wawasan literasi dan keterampilan bagi pembaca. Serta mampu dikembangkan lagi untuk penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNur, Dany Miftah M.UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning, Strategi Crossword Puzzle, Minat Belajar, Mata Pelajaran IPS
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Dec 2024 08:34
Last Modified: 27 Dec 2024 08:34
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13040

Actions (login required)

View Item View Item