Strategi LAZ Yatim Mandiri Cabang Kudus Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Anak Yatim dan Dhuafa Melalui Program Sanggar Genius

Noveriyanti, Eva (2024) Strategi LAZ Yatim Mandiri Cabang Kudus Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Anak Yatim dan Dhuafa Melalui Program Sanggar Genius. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (365kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (199kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (742kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (869kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (391kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (786kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (366kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (562kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pendidikan anak yatim dan dhuafa melalui sanggar genius yang dilakukan oleh LAZ Yatim Mandiri dan memberikan strategi LAZ Yatim Mandiri dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak yatim dan dhuafa melalui program sanggar genius. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Untuk objek penelitian yaitu LAZ Yatim Mandiri dengan program Sanggar Genius. Sumber data yang diperoleh adalah dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data pada penelitian ini berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk wawancara peneliti memilih informan kepala cabang yatim mandiri kudus, staff program, dan guru genius cabang kudus. Teknik analisis data kualitatif bersifat induktif karena analisis didasarkan pada data yang diperoleh kemudian dikembangkan menjadi pola hubungan tertentu atau hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, proses pendidikan anak yatim dan dhuafa di sanggar genius yaitu Yatim Mandiri mempunyai modul sendiri untuk sebagai pegangan guru saat mengajar bimbingan belajar dengan sistem level. Di sanggar genius ada jadwal bulanan, jadwal semester, dan jadwal tahunan. Untuk strategi LAZ Yatim Mandiri dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak yatim dan dhuafa adalah dengan merekrut guru, guru selalu di upgrade, modul berstandar dari pusat, memberi inspirasi semangat dan diakhir semester dilakukan penilaian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuparwi, SuparwiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kualitas, Anak Yatim dan Dhuafa, Sanggar Genius, Yatim Mandiri
Subjects: Fiqih, Hukum Islam > Ibadah > Zakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf (MZW)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 Dec 2024 02:52
Last Modified: 30 Dec 2024 02:52
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13060

Actions (login required)

View Item View Item