Saputri, Novita Zulfa (2024) Efektivitas Penggunaan Media Realia dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn Kelas V di MI NU Al-Kurriyah 01 dan MI NU Al-Kurriyah 03 Besito Gebog Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf Download (4MB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (261kB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (2MB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahuai adanya perbedaan hasil belajar siswa antara kelompok kontrol dan Kelompok eksperimen sebelum pembelajaran menggunakan media realia pada mata pelajaran PKn; 2) untuk mengetahui perbedaan minat belajar siswa antara kelompok kontrol dan Kelompok eksperimen sebelum pembelajaran menggunakan media realia pada mata pelajaran PKn; 3) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara kelompok kontrol dan Kelompok eksperimen setelah pembelajaran menggunakan media realia pada mata pelajaran PKn; 4) untuk mengetahui perbedaan minat belajar siswa antara kelompok kontrol dan Kelompok eksperimen setelah pembelajaran menggunakan media realia pada mata pelajaran; 5) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelompok eksperimen sebelum dan setelah pembelajaran menggunakan media realia pada mata pelajaran PKn; 6) untuk mengetahui perbedaan minat belajar siswa kelompok ekperimen sebelum dan setelah pembelajaran menggunakan media realia pada mata pelajaran PKn. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis pendekatan eksperimen. Peneliti menggunakan design Quasi Ekperimental Design tipe Nonequivalent Control Grup Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling, yang terdiri dari 20 siswa kelas kontrol dan 20 siswa kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes (pretest dan posttest) digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan Kuesioner (angket) untuk mengetahui minat belajar siswa. Uji hipotesis menggunakan uji nonparametrik Mann Withney untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) tidak adanya perbedaan hasil belajar siswa antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen sebelum pembelajaran menggunakan media realia, karena hasil nilai Sig. > 0.05 yakni 0.582 > 0.05 artinya kedua kelompok mempunyai kemampuan awal yang sama tidak ada perbedaan; 2) tidak adanya perbedaan minat belajar siswa antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen sebelum pembelajaran menggunakan media realia karena hasil nilai Sig. > 0.05 yakni 0.860 > 0.05 artinya kedua kelompok mempunyai minat belajar yang sama tidak ada perbedaan; 3) adanya perbedaan hasil belajar siswa antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen setelah pembelajaran menggunakan media realia karena hasil nilai Sig. < 0.05 yakni 0.009 < 0.05 artinya hasil belajar kedua kelompok berbeda setelah menggunakan media realia; 4) adanya perbedaan minat belajar siswa antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen setelah pembelajaran menggunakan media realia karena hasil nilai Sig. < 0.05 yakni 0.000 < 0.05 artinya minat belajar kedua kelompok berbeda setelah menggunakan media realia; 5) adanya perbedaan hasil belajar siswa kelompok eksperimen sebelum dan setelah pembelajaran menggunakan media realia karena hasil nilai Sig. < 0.05 yakni 0.006 < 0.05 artinya hasil belajar siswa berbeda antara sebelum dan setelah menggunakan media reali; 6) untuk mengetahui perbedaan minat belajar siswa kelompok ekperimen sebelum dan setelah pembelajaran menggunakan media realia karena hasil nilai Sig. < 0.05 yakni 0.000 < 0.05 artinya minat belajar siswa berbeda sebelum dan setelah menggunakan media reali
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Realia, Hasil Belajar, Minat Belajar | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran | ||||||
Divisions: | Pascasarjana > PGMI | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 30 Dec 2024 04:29 | ||||||
Last Modified: | 30 Dec 2024 04:29 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13072 |
Actions (login required)
View Item |