Ramadani, Destriana Askia (2024) Implementasi Metode Outdoor Learning Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Mengikuti Ekstrakurikuler Pramuka Siaga di MIN 02 Pati Tahun Ajaran 2021. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf Download (3MB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (197kB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (1MB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui peremcanaan menggunakan implementasi metode outdoor learning dalam ektra kulikuler pramuka siaga di MIN 02 Dukuhseti Kabupaten Pati, cara meningkatkan kedisiplinan siswa mengikuti ekstra kulikuler pramuka siaga di MIN 02 Dukuhseti Kabupaten Pati, serta pengaruh yang signifikan antarapenerapan metode outdoor learning dan kedisiplinan siswa mengikuti ekstra kulikuler pramuka siaga. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian adalah jenis penelitian pre experiment design . Dengan desain penelitian menggunakan desain the one group pretest- posttest design. penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini sample yang digunakan adalah peserta didik kelas III MIN 02 Pati. Pengujian ini dilakukan dengan bantuan program SPSS. Hasil dari penelitian dapat diketahui bahwa 1). Kedisiplinan peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran konvensional pada pramuka siaga masuk dalam kriteria yang kurang. Hasilnya dapat dinilai dari hasil pre-test kelas kontrol yang memiliki rata-rata nilai sebesar 74,15. 2). Penggunakan outdoor learning pada indikator kedisiplinan masuk kategori yang baik sehingga bisa dikatakan berhasil dan dapat dilihat hasil post-test kelas eksperimen yang mempunnyai nilai hasil rata-rata nilainya adalah sebesar 88,68. 3). Terdapat efektivitas signifikan antara penggunaan metode outdoor learning dalam kegiatan pramuka siaga untuk meningkatkan kedisiplina siswa kelas III MIN 02 Pati Karena t hitung > t tabel (19,045> 1,993). Artinya Ada perbedaan tingkat kedisiplinan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Dengan demikian penggunaan metode outdor learning dapat meningkatkan kedisiplinan siswa mengikuti ekstra kulikuler pramuka siaga di MIN 02 Pati tahun ajaran 2021.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | kepramukaan, metode outdoor learning, dan kedisiplinan siswa | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Kegiatan Ekstrakurikuler | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 07 Jan 2025 08:54 | ||||||
Last Modified: | 07 Jan 2025 08:54 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13129 |
Actions (login required)
View Item |