Penanaman Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Melalui Pembelajaran IPS Kelas VII B di MTs Darul Hikam Undaan Kudus

Lailiyyah, Maesyarotul (2024) Penanaman Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Melalui Pembelajaran IPS Kelas VII B di MTs Darul Hikam Undaan Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (875kB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (71kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (79kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (307kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (186kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (209kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (267kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (78kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (80kB)

Abstract

Seiring berkembangnya zaman, nilai-nilai kedisiplinan semakin memudar, bisa dilihat saat peserta didik berangkat sekolah masih banyak anak yang terlambat, lupa atau sengaja tidak mengerjakan PR, tidak memakai atribut seragam secara lengkap seperti warna sepatu, dasi dan lain-lain. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui langkah dalam penanaman nilai karakter disiplin dan tanggung jawab serta dapat menghadapi hambatan dan solusi untuk peserta didik melalui pembelajaran IPS kelas VII B di MTs Darul Hikam Undaan Kudus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan, interview, observasi, dan dokumentasi dilakukan untuk mengumpulkan data penelitian sumber data penelitian berasal dari sumber primer dan data skunder. Subjek penelitian ini berjumlah 11 informan yang terdiri atas Kepala sekolah, Wali kelas, Guru IPS, dan delapan Peserta Didik kelas VIIB. Analisis data dilakukan dengan Reduksi Data, Display Penyajian data, beserta conclusion / verification. Hasil penelitian ini untuk mengemukakan bahwa 1) Penanaman nilai karakter disiplin melalui pembelajaran IPS kelas VII B dengan cara mentaati tata tertib sekolah, kehadiran, dan ketaatan dalam mengerjakan tugas. 2) Penanaman nilai karakter tanggung jawab melalui pembelajaran IPS kelas VII B dengan cara melibatkan keterlibatan aktif dalam tugas induvidu, partisipasi dalam tugas piket, dan kerjasama dalam tugas kelompok. 3) Sedangkan hambatan dari peserta didik meliputi perbedaan karakteristik guru dan siswa. Dari hambatan tersebut dapat di temukan adanya solusi dalam menghadapi permasalahan tersebut dengan mengadakan evaluasi bulanan secara kolektif dengan para guru dan pengurus sekolah, selain itu dapat mengadakan sosialisasi saat pertemuan dengan wali murid terkait dengan masalah yang ada.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFu'adah, LailyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Disiplin, Tanggung Jawab, Pembelajaran IPS
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Filsafat dan Teori Pendidikan > Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Jan 2025 07:36
Last Modified: 09 Jan 2025 07:36
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13164

Actions (login required)

View Item View Item