Internalisasi Nilai- Nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran PAI di SMP N 1 Mayong Tahun Pelajaran 2023

Khabiburrohman, Muhammad (2024) Internalisasi Nilai- Nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran PAI di SMP N 1 Mayong Tahun Pelajaran 2023. Masters thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (867kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (319kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (200kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (394kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (696kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (327kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (487kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (288kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (327kB)

Abstract

Permasalahan utama dalam penelitian ini masih belum dipahaminya tentang Moderasi Beragama bagi para siswa, sehingga tujuan penelitian ini untuk menganalisis : 1) Kebijakan Sekolah dalam Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama pada pembelajaran PAI Di SMP N 1 Mayong. 2) Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam pembelajaran PAI di SMP N 1 Mayong. 3) Kerjasama yang dilakukan sekolah dalam melakukan Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam pembelajaran PAI di SMP N 1 Mayong kec. Mayong, Kab. Jepara 2023. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif. Bertempat di SMP N 1 Mayong, mulai bulan September-November 2023. Subyek dalam penelitian ini adalah Guru PAI dan Waka kepala, sedangkan informan adalah Waka Sekolah, Guru Agama Kristen. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan menggunakana triangulasi sumber. Analisis data dengan model interaktif dari Miles and Huberman, dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data penyajian data dan penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Kebijakan sekolah dalam Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama memberikan pengarahan, pemahaman tersendiri tentang Nilai-Nilai Moderasi Beragama, dan menekankan kepada para guru pendidikan agama, baik Guru PAI maupun Guru PAK, untuk dapat sebagai contoh dalam bersikap moderat pada penganut agama yang ada pada sekolah tersebut. (2) Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam pembelajaran PAI di lakukan dengan : (a) Perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru PAI yang diawali dengan pembuatan RPP, prota, promes, silabus, materi ajar sebagai perangkat administrasi. Dalam penyusunan perencanaan tersebut, di SMP N 1 Mayong selalu diawali dengan diskusi tentang Internalisasi nilai Moderasi Beragama dengan para guru lain, untuk menyamakan persepsi antara guru PAK dan guru PAI. (b) Tahap pelaksanaan Internalisasi nilai Moderasi Beragama dilaksanakan secara bersama oleh semua komponen sekolah, antara guru PAI, guru PAK dan guru mapel lainnya, agar siswa dapat memahami tentang Moderasi Beragama. (3) Kerjasama yang dilakukan sekolah dalam melaksanakan Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam pembelajaran PAI di SMP N 1 Mayong adalah dengan cara : Memberikan pengertian kepada masyarakat sekitar tentang fungsi sekolah melaksanakan pengabdian masyarakat sehingga terjalin hubungan yang harmonis antara guru dan siswa, guru dan masyarakat, serta sekolah dan masyarakat. Hal ini disampaikan sekolah melalui para guru, terutama guru PAI dan PAK, pada setiap ada kegiatan sekolah yang melibatkan masyarakat sekitar

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKasdi, AbdurrohmanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kebijakan, Internalisasi, Moderasi Beragama
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Pascasarjana > PAI
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 Jan 2025 09:03
Last Modified: 15 Jan 2025 09:03
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13245

Actions (login required)

View Item View Item