Penggunaan Metode Peta Konsep Untuk Mengembangkan Kreativitas Dan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran IPS di MTs Mamba’ul Ulum Mambak Pakis Aji Jepara

Novitasari, Serlia (2023) Penggunaan Metode Peta Konsep Untuk Mengembangkan Kreativitas Dan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran IPS di MTs Mamba’ul Ulum Mambak Pakis Aji Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. cover-kata pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (388kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (435kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (371kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (546kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (409kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (575kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (292kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (390kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui Penggunaan Metode Peta Konsep Untuk Mengembangkan Kreativitas Dan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran IPS di MTs Mamba’ul Ulum Mambak Pakis Aji Jepara”. Metode yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan field research, yakni penelitian datang langsung ke lokasi MTs Mamba’ul Ulum Mambak Pakis aji Jepara, peneliti ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek penelitiannya adalah kepala madrasah, guru IPS, siswa. Adapun penelitian tersebut, peneliti menggunakan teknik triagulasi. Kemudian data di analisis dimulai ketika akan terjun ke lapangan, ketika dilapangan dan sudah pengumpulan data yang ada dilapangan. Peneliti menyatukan data yang terkait dengan permasalahan pada sasaran peneliti sebelum masuk lapangan. Peneliti mencari informasi data pada sasaran peneliti sampai selesai. Hasil penelitian menunjukan bahwa Penggunaan Metode Peta Konsep Untuk Mengembangkan Kreativitas dan berpikir kritis Siswa Dalam Pembelajaran IPS di Mts Mamba’ul Ulum Mambak Pakis Aji Jepara sudah cukup baik. Sedangkan Adapun hambatannya adalah kurangnya motivasi belajar siswa, kemampuan pemahaman materi pembelajaran siswa berbeda-beda. Sedangkan solusinya adalah melatih siswa untuk menginteraksikan pengetahuan baru, membantu siswa dalam merangkum materi. Dalam pelaksanaan metode peta konsep siswa sudah berkembang meskipun masih ada beberapa siswa yang belum berkembang. Karena kreativitas dan berpikir siswa itu berbeda-beda dan tidak sama dengan siswa lainnya. Siswa yang berkembang dalam kreativitasnya belum tentu siswa tersebut berkembang dalam berpikir kritisnya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSulaswari, MisrohUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Peta Konsep, Kreativitas, Berpikir Kritis, Pembelajaran IPS
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 Jan 2025 07:29
Last Modified: 20 Jan 2025 07:29
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13295

Actions (login required)

View Item View Item