Literature Review Terhadap Artikel Pembelajaran STEM Dalam Meningkatkan Keterampilan 4C di SD/MI

Nida, Khoirin (2023) Literature Review Terhadap Artikel Pembelajaran STEM Dalam Meningkatkan Keterampilan 4C di SD/MI. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (267kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (277kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (487kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (563kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (909kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (729kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (272kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (491kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis secara spesifik terkait perkembangan pembelajaran STEM dalam meningkatkan keterampilan 4C dan penerapannya di SD/MI serta implikasinya terhadap peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian Systematic Literature Review jenis meta-synthesis (kualitatif) dengan menggunakan metode PRISMA. Subyek pada penelitian ini merupakan literatur ilmiah yang memuat tentang pembelajaran STEM dalam meningkatkan keterampilan 4C di SD/MI. Sumber yang digunakan dalam penelitian ini adalah berbagai literatur yang berhubungan dengan studi mengenai pembelajaran STEM dalam meningkatkan keterampilan 4C di SD/MI pada tahun 2019-2021 pada laman web Garuda dan ScienceDirect. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan artikel terkait topik tersebut dengan kriteria yang telah ditentukan. Kemudian data dianalisis menggunakan metode PRISMA secara sistematis dilakukan sesuai dengan tahapan penelitian. Hasil studi penelitian menunjukkan bahwa STEM dapat meningkatkan keterampilan 4C yang dibutuhkan pada pendidikan abad 21. Pembelajaran dengan pendekatan STEM menjadi alternatif bagi pendidik dalam mengembangan kemampuan siswa dalam berfikir kritis, kreativitas, kolaborasi antar siswa dan komunikasi melalui proses pembelajaran yang dikemas dengan baik dan terintegrasi STEM. STEM masih bisa digunakan dalam kegiatan pembelajaran daring maupun luring dengan tujuan agar keterampilan 4C bisa diasah dan terus diupayakan oleh pihak satuan pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFawaida, UlyaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran STEM, Keterampilan 4C, Pandemi
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 Jan 2025 07:32
Last Modified: 20 Jan 2025 07:32
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13297

Actions (login required)

View Item View Item