Penerapan Media Loose Parts Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini di KB Mekar Sari

Mawarni, Gita Pebiana (2023) Penerapan Media Loose Parts Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini di KB Mekar Sari. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (71kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (77kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (158kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (162kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (93kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (290kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (80kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (118kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji penerapan media loose parts untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini di Kelompok Bermain Mekar Sari Tahun. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan perencaanaan pembelajaran menggunakan media loose parts, penerapan media loose parts, dan evaluasi media loose parts. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), kemudian pendekatan yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini melibatkan tiga informan yaitu kepala KB Mekar Sari, pendidik kelompok B KB Mekar Sari dan Pendidik Kelompok A KB Mekar Sari. Analisis data dilakukan dengan menggunakan langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimupulan. Hasil penelitian ini sebagai berikut:1) Perencanaan pemebelajaran menggunakan media loose parts diawali dengan menyusun RPPH kemudian menyiapkan media yang akan digunakan dalam pembelajaran yaitu media loose parts, dan kesiapan guru dalam mengajar. 2) Penerapan media loose parts dibagi dalam tiga kegiatan yaitu kegiatab pembukaan, inti dan kegiatan penutup, penerapan media loose parts sudah diterapkan dengan baik sehingga dapat meningkatkan aspek perkembangan anak usia dini yaitu: Aspek Nilai Agama dan Moral, Sosial Emosional, Bahasa, Fisik Motorik dan Kognitif. 3) Evalusi Penerapan media loose parts ada emapat kategori penilian yaitu: Belum Berkembang (BB), Mulai Berkembang (MB), Berkembang Sesuai Harapan (BSH), Berkembang Sangat Bagus (BSB). Dalam hal tersebut pada awalnya anak masuk pada kategori (BB) naik kategori menjadi Mulai Berkembang (MB) kemudian dari kategori mulai berkembang naik menjadi kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) kemudian dari kategori BSH naik menjadi Berkembang Sangat Bagus (BSB), dengan demikian dapat dilihat bahwasannya media loose parts mampu mengembangkan aspek perkembangan anak usia dini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPancaningrum, NovitaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Loose Parts, Kognitif
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Pra Sekolah, PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 Jan 2025 07:55
Last Modified: 20 Jan 2025 07:55
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13301

Actions (login required)

View Item View Item