Mawarni, Gita Pebiana (2023) Penerapan Media Loose Parts Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini di KB Mekar Sari. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01 COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (71kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (77kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (158kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (162kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (93kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (290kB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (80kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (118kB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji penerapan media loose parts untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini di Kelompok Bermain Mekar Sari Tahun. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan perencaanaan pembelajaran menggunakan media loose parts, penerapan media loose parts, dan evaluasi media loose parts. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), kemudian pendekatan yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini melibatkan tiga informan yaitu kepala KB Mekar Sari, pendidik kelompok B KB Mekar Sari dan Pendidik Kelompok A KB Mekar Sari. Analisis data dilakukan dengan menggunakan langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimupulan. Hasil penelitian ini sebagai berikut:1) Perencanaan pemebelajaran menggunakan media loose parts diawali dengan menyusun RPPH kemudian menyiapkan media yang akan digunakan dalam pembelajaran yaitu media loose parts, dan kesiapan guru dalam mengajar. 2) Penerapan media loose parts dibagi dalam tiga kegiatan yaitu kegiatab pembukaan, inti dan kegiatan penutup, penerapan media loose parts sudah diterapkan dengan baik sehingga dapat meningkatkan aspek perkembangan anak usia dini yaitu: Aspek Nilai Agama dan Moral, Sosial Emosional, Bahasa, Fisik Motorik dan Kognitif. 3) Evalusi Penerapan media loose parts ada emapat kategori penilian yaitu: Belum Berkembang (BB), Mulai Berkembang (MB), Berkembang Sesuai Harapan (BSH), Berkembang Sangat Bagus (BSB). Dalam hal tersebut pada awalnya anak masuk pada kategori (BB) naik kategori menjadi Mulai Berkembang (MB) kemudian dari kategori mulai berkembang naik menjadi kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) kemudian dari kategori BSH naik menjadi Berkembang Sangat Bagus (BSB), dengan demikian dapat dilihat bahwasannya media loose parts mampu mengembangkan aspek perkembangan anak usia dini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Loose Parts, Kognitif | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Pra Sekolah, PAUD |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 20 Jan 2025 07:55 | ||||||
Last Modified: | 20 Jan 2025 07:55 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13301 |
Actions (login required)
View Item |