Masruroh, Riayatul (2024) Pemanfaatan Media Sosial Whatsapp Group Dalam Pembelajaran (Studi Kasus di Kelas V MI Riyadlotussubban dan SD N Serangan 1) Bonang Demak Tahun 2023/2024. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (809kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (212kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (230kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (275kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (324kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (271kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (962kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (218kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (336kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk mengetahui pemanfaatan media sosial whatsapp group dalam pembelajaran di kelas V MI Riyadlotussubban dan SD N Serangan 1 Bonang Demak. 2). Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan pemanfaatan media sosial whatsapp group dalam pembelajaran di kelas V MI Riyadlotussubban dan SD N Serangan 1 Bonang Demak. Penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini ada dua. Pertama sumber primer meliputi guru, orang tua dan siswa kelas V. Kedua sumber data sekunder diperoleh jurnal dan dokumentasi terkait pemanfaatan media social whatsapp dalam pembelajaran. Pengumpulan data dengan cara wawancara terhadap pihak yang terkait yaitu guru, orang tua, peserta didik. Observasi dilakukan secara partisipasi pasif, dan teknik trianggulasi. Analisis data peneliti menggunakan tiga acara yaitu redaksi data, penyajian data dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, setidaknya ada dua poin penting yang didapat oleh peneliti yaitu : Pertama, Pemanfaatan media sosial WhatsApp Group dalam pembelajaran di kelas V MI Riyadlotussubban dan SD N Serangan 1 Bonang Demak sebagai alat komunikasai pembelajaran dan sekaligus sebagai penunjang pembelajaran. Hal ini menjadi penting karena dengan kemajuan teknologi dunia pendidikan harus dapat memanfaatkannya untuk kepentingan pembelajaran baik sebagai alat komunikasi pembelajaran ataupun sebagai media pembelajaran. Selain itu, penggunaan teknologi akan menjadi daya tarik siswa dalam proses belajar mengajar. Kedua, Keunggulan WhatsApp mudah dioperasikan, banyak fitur pendukung, dan lebih efektif dalam mendukung komunikasi pendidikan. Kekurangannya adalah adanya siswa dan orang tua menjadi ketergantungan pada media social. Citra buruk perkembangan media sosial terutama dikalangan anak-anak dapat diminimalisir dengan pemanfaatan media social sebagai media penunjang pembelajaran. Disisi lain dunia pendidikan dapat berperan aktif dalam memberi edukasi pada anak tentang pengguanaan media sosial, karena pada dasarnya pendidikan tidak hanya terkait dengan mata pelajaran yang ada di dalam kelas tetapi semua hal yang berkaitan dengan perkembangan siswa baik di dalam maupuan di luar kelas termasuk penggunaan media sosial. Dari poin di atas pemanfaatan media sosial whatsapp group dalam pembelajaran di kelas V MI Riyadlotussubban dan SD N Serangan 1 Bonang Demak setidaknya berfungsi sebagai alat komunikasi pembelajaran dan sebagai alat penunjang pembelajaran serta kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh media sosial tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Whatsapp, Sumber Belajar dan Komunikasi Pendidikan | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 21 Jan 2025 08:42 | ||||||
Last Modified: | 21 Jan 2025 08:42 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13355 |
Actions (login required)
View Item |