Implementasi Program Keagamaan Dalam Peningkatan Akhlak Siswa Di MTs Tahfidh Tasywiqu Al-Qur’an Kudus

Rosyada, Zidni Naela (2023) Implementasi Program Keagamaan Dalam Peningkatan Akhlak Siswa Di MTs Tahfidh Tasywiqu Al-Qur’an Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (559kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (482kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (766kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (896kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (636kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (974kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (472kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (307kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui mengenai: (1) Implementasi Program Keagamaan Dalam Peningkatan Akhlak Siswa Di MTs Tahfidh Tasywiqu Al-Qur’an Kudus. (2) Faktor pendukung dan penghambat Program Keagamaan Dalam Peningkatan Akhlak Siswa Di MTs Tahfidh Tasywiqu Al-Qur’an Kudus, Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengambilan sampel informan menggunakan teknik sampling dengan menggunakan jenis purposive sampling yang berarti pemilihan sampel berdasarkan tujuan dan pertimbangan tertentu dengan melihat latar belakang, hubungan atau keterkaitan responden dengan masalah yang sedang diteliti. Jumlah informan dalam penelitian ini yaitu ada 5 orang yang terdiri dari Kepala Madrasah, Waka kesiswaan, Guru Akidah Akhlak, Murobbi, serta siswa. Adapun teknik analisis data meliputi pengumpulan data, redksi data, pemaparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa (1) Implementasi program keagamaan tahfidz al-qur’an dalam peningkatan akhlak siswa dilakukan melalui pembiasaan membaca dan menghafal al-qur’an, guru dan murobbi dituntut untuk memberikan keteladanan dan pembiasaan tentang sikap yang baik, bertutur kata yang baik, berpakaian yang rapi dan disiplin waktu. (2) Faktor pedukung dalam program keagamaan tahfidz al-qur’an dalam peningkatan akhlak siswa yaitu dukungan dari kepala madrasah, guru dan murobbi, lingkungan pertemanan siswa, serta adanya program keagamaan Tahfidz al-qur’an. sedangkan faktor penghambatnya yaitu kemampuan siswa, pembagian waktu, munculnya perasaan bosan, dan faktor gerogi. Dengan adanya implementasi program keagamaan tahfidz al-qur’an dapat memberikan peningkatan akhlak pada siswa, hal ini dapat diketahui melalui hasil wawancara yang dilakukan peneliti. Siswa menjadi lebih menghargai waktu, saling memberikan motivasi, semangat, dan mengutamakan tata krama

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorManijo, ManijoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Tahfidz Al-Qur’an, Peningkatan akhlak
Subjects: Akhlak dan Tasawuf > Akhlak
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:10
Last Modified: 22 Jan 2025 07:10
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13382

Actions (login required)

View Item View Item