Surur, Hafidh Mishbahus (2023) Implementasi Metode TNM (Takrir, Ngejuz, Majelisan) dalam Menjaga Hafalan Santri di Pondok Pesantren Tahfidzil Qur’an Ash Haabul Yamin 2 Klaling Jekulo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf Download (936kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (375kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (728kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (541kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (474kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (876kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (476kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (427kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh sulitnya santri dalam menjaga hafalan Al- Qur’an tanpa adanya suatu metode yang dapat mendukung santri dalam proses menjaga hafalan Al- Qur’an mereka. Pondok Pesantren Tahfidzil Qur’an Ash Haabul Yamin 2 Klaling Jekulo Kudus memiliki beberapa metode dalam menjaga hafalan Al- Qur’an santrinya, metode ini merupakan metode gabungan yang dalam pelaksanaannya dilakukan secara bertahap, metode ini disebut metode TNM (Takrir, Ngejuz, Majelisan). Metode ini diharapkan dapat membantu santri dalam menjaga hafalan Al- Qur’an mereka hingga akhir hayat. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Implementasi Metode TNM (Takrir, Ngejuz, Majlisan) (2) Apa saja kendala yang dihadapi dalam Implementasi Metode TNM (Takrir, Ngejuz, Majlisan) (3) Bagaimana Metode TNM (Takrir, Ngejuz, Majlisan) dalam Menjaga Hafalan AlQur’an Santri di Pondok Pesantren Tahfidzil Qur’an Ash-Haabul Yamin 2 Klaling Jekulo Kudus?. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) mengetahui tentang implementasi metode TNM (Takrir, Ngejuz, Majlisan) (2) mengetahui tentang kendala-kendala yang dihadapi santri dalam implementasi metode TNM (Takrir, Ngejuz, Majlisan) (3) mengetahui tentang hasil implementasi metode TNM (Takrir, Ngejuz, Majlisan) di Pondok Pesantren Tahfidzil Qur’an Ash-Haabul Yamin 2 Klaling Jekulo Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah Pengasuh, ustadz dan ustadzah, santri dan santriwati Pondok Pesantren Tahfidzil Qur’an Ash-Haabul Yamin 2 Klaling Jekulo Kudus. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui beberapa teknik yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data melalui beberapa tahapan yaitu: Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Berdasarkan hemat peneliti implementasi metode TNM (Takrir, Ngejuz, Majlisan) yang secara bertahap dan dilakukan secara berulang-ulang sangat membantu santri dalam menjaga hafalan Al-Qur’an dari yang baru belajar hingga khatam Al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Takrir, Ngejuz, Majelisan, Hafalan Al- Qur’an santri | ||||||
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam > Pesantren Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 23 Jan 2025 08:42 | ||||||
Last Modified: | 23 Jan 2025 08:42 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13415 |
Actions (login required)
View Item |