Zulfikri, Ahmad (2024) Pengembangan Edugame Arisa Berbasis Android Menggunakan Adobe Animate Pada Materi Aritmatika Sosial kelas VII. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
![]() |
Text
01 Cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
02 Abstrak.pdf Download (365kB) |
![]() |
Text
03 Daftar Isi.pdf Download (417kB) |
![]() |
Text
04 BAB I.pdf Download (448kB) |
![]() |
Text
05 BAB II.pdf Download (917kB) |
![]() |
Text
06 BAB III.pdf Download (562kB) |
![]() |
Text
07 BAB IV.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
08 BAB V.pdf Download (372kB) |
![]() |
Text
09 Daftar Pustaka.pdf Download (387kB) |
Abstract
Matematika merupakan mata pelajaran yang abstrak sehingga siswa sering kesulitan dan kurang tertarik dalam menerima materi yang disampaikan oleh guru karena cara penyampaian dan penyajiannya kurang menjadikan kegiatan pembelajaran matematika mudah dicerna oleh siswa terutama pada materi aritmatika sosial. Pengembangan edugame Arisa berbasis Android dapat dijadikan solusi untuk mengatasi permasalahan pembelajaran matematika agar lebih mudah dicerna oleh siswa dengan cara asik dan menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengembangkan aplikasi edugame pada materi aritmatika sosial dan 2) untuk mendeskripsikan kelayakan dan kepraktisan edugame Arisa berbasis Android menggunakan Adobe Animate CC pada materi aritmatika sosial. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau R&D dengan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate). Pengumpulan data kuantitatif dan kualitatif didapatkan melalui lembar uji coba media dan materi serta angket siswa. Penelitian dilakukan kepada siswa kelas VII SMP plus Abayasa Pati yang dibagi menjadi 8 siswa kelompok kecil dan 25 siswa kelompok besar. Adapun hasil dari pengembangan ini yaitu aplikasi edugame Arisa berbasis Android yang diuji kelayakannya oleh ahli media dengan nilai 87,5% dengan kriteria sangat layak dan uji kelayakan oleh ahli materi dengan nilai 92,5% dengan kriteria sangat layak. Sedangkan hasil uji coba siswa mendapatkan nilai 84,88% pada kelompok kecil dengan kriteria sangat praktis dan nilai 84,68% dengan kriteria sangat praktis juga. Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa edugame Arisa sangat layak digunakan sebagai bahan belajar siswa pada materi aritmatika sosial.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Edugame Arisa, Android, Adobe Animate, Aritmatika Sosial | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran Ilmu-Ilmu Murni > Matematika |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 31 Jan 2025 02:06 | ||||||
Last Modified: | 31 Jan 2025 02:07 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13457 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |