Pengembangan Edugame Arisa Berbasis Android Menggunakan Adobe Animate Pada Materi Aritmatika Sosial kelas VII

Zulfikri, Ahmad (2024) Pengembangan Edugame Arisa Berbasis Android Menggunakan Adobe Animate Pada Materi Aritmatika Sosial kelas VII. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01 Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 Abstrak.pdf

Download (365kB)
[img] Text
03 Daftar Isi.pdf

Download (417kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (448kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (917kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (562kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (372kB)
[img] Text
09 Daftar Pustaka.pdf

Download (387kB)

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang abstrak sehingga siswa sering kesulitan dan kurang tertarik dalam menerima materi yang disampaikan oleh guru karena cara penyampaian dan penyajiannya kurang menjadikan kegiatan pembelajaran matematika mudah dicerna oleh siswa terutama pada materi aritmatika sosial. Pengembangan edugame Arisa berbasis Android dapat dijadikan solusi untuk mengatasi permasalahan pembelajaran matematika agar lebih mudah dicerna oleh siswa dengan cara asik dan menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengembangkan aplikasi edugame pada materi aritmatika sosial dan 2) untuk mendeskripsikan kelayakan dan kepraktisan edugame Arisa berbasis Android menggunakan Adobe Animate CC pada materi aritmatika sosial. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau R&D dengan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate). Pengumpulan data kuantitatif dan kualitatif didapatkan melalui lembar uji coba media dan materi serta angket siswa. Penelitian dilakukan kepada siswa kelas VII SMP plus Abayasa Pati yang dibagi menjadi 8 siswa kelompok kecil dan 25 siswa kelompok besar. Adapun hasil dari pengembangan ini yaitu aplikasi edugame Arisa berbasis Android yang diuji kelayakannya oleh ahli media dengan nilai 87,5% dengan kriteria sangat layak dan uji kelayakan oleh ahli materi dengan nilai 92,5% dengan kriteria sangat layak. Sedangkan hasil uji coba siswa mendapatkan nilai 84,88% pada kelompok kecil dengan kriteria sangat praktis dan nilai 84,68% dengan kriteria sangat praktis juga. Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa edugame Arisa sangat layak digunakan sebagai bahan belajar siswa pada materi aritmatika sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAuliya, Nanang Nabhar FakhriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Edugame Arisa, Android, Adobe Animate, Aritmatika Sosial
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran
Ilmu-Ilmu Murni > Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 31 Jan 2025 02:06
Last Modified: 31 Jan 2025 02:07
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13457

Actions (login required)

View Item View Item