Rohmania, Khozaainur (2024) Efektivitas Media Canva Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih MTs. NU Raudlatus Shibyan Kudus Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (487kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (378kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (619kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (796kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (525kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (375kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (382kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu : 1) Untuk mengetahui Penggunaan Media Canva sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih MTs. NU Raudlatus Shibyan Kudus. 2) Untuk mengetahui Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Penggunaan Media Canva sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih MTs. NU Raudlatus Shibyan. 3) Untuk mengetahui Efektivitas Penggunaan Media Canva terhadap proses pembelajaran pada Mata Pelajaran Fiqih MTs. NU Raudlatus Shibyan Kudus. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan,yaitu peneliti datang langsung ke lokasi penelitian di MTs NU Raudlatus Shibyan Kudus. Subjek penelitiannya yaitu Kepala sekolah, Waka Kurikulum, guru Fiqih, dan siswa siswi kelas VIII MTs NU Raudlatus Shibyan Kudus. Dari informan yang terkait dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi. Selanjutnya data di analisis dengan memilih dan merangkum data, penyajian data, dan verifikasi atau penyimpulan data agar penelitian menjadi sempurna. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Pertama, Penggunaan media Canva dalam mata pelajaran fiqih dapat meningkatkan kreativitas siswa menghasilkan power point menggunakan template yang sesuai lewat media canva dengan memungkinkan mereka membuat infografis, presentasi, atau materi visual lainnya untuk memahami konsep-konsep fiqih. Siswa dapat menggabungkan teks, gambar, dan elemen desain untuk menyampaikan informasi dengan cara yang menarik dan mudah dipahami. Kedua, Faktor pendukung dalam penggunaan Canva untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam mata pelajaran fiqih melibatkan: Antarmuka Pengguna yang Mudah, Beragam Template, Kemudahan Berbagi, dan Fleksibilitas Desain, Namun, ada juga beberapa faktor penghambat yang perlu diperhatikan: Aksesibilitas Teknologi, Waktu, dan Keterampilan Teknis Awal, Dengan mempertimbangkan faktor-faktor ini, integrasi Canva dalam pengajaran fiqih dapat menjadi sarana yang bermanfaat untuk meningkatkan kreativitas siswa. Ketiga, Penggunaan media Canva dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran Fiqih dengan menyajikan informasi secara visual, membuat materi lebih menarik, dan memudahkan pemahaman konsep-konsep agama. Canva memungkinkan pembuatannya desain-desain menarik untuk memvisualisasikan konsep-konsep kompleks dalam Fiqih, sehingga dapat memperkaya pengalaman pembelajaran siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Media Canva, Kreativitas Siswa | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Aktivitas Pembelajaran Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 31 Jan 2025 03:08 | ||||||
Last Modified: | 31 Jan 2025 03:08 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13461 |
Actions (login required)
View Item |