The Implementation of English Language Learning Process at an Islamic English Course in Blora

Hafidzoh, Ummi Marya (2024) The Implementation of English Language Learning Process at an Islamic English Course in Blora. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (909kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (203kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (66kB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (361kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (431kB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (299kB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (505kB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (140kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (275kB)

Abstract

Bahasa Inggris merupakan salah satu pelajaran yang penting untuk dikuasai oleh siswa terutama santri yang identik dengan jauh dari alat-alat elektronik. Bahasa Inggris telah menjadi bahasa internasional yang banyak digunakan dalam bidang pendidikan maupun bisnis. Salah satu Pondok pesantren di Blora menerapkan pembelajaran bahasa inggris sebagai kegiatan wajib untuk santri santrinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan proses pelaksanaan belajar Bahasa Inggris, (2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat untuk menuju keefektifan dalam proses belajar Bahasa Inggris. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, waktu, dan teknik. Lokasi penelitian ini berada di IEC tepatnya di Blora. Hasil penelitian: (1) pelaksanaan pembelajaran bahasa inggris di IEC meliputi tiga kegiatan. Diantaranya adalah kegiatan pembuka yang diawali dengan salam, membaca doa, menyiapkan siswa, lalu menyampaikan materi yang akan dipelajari. Selanjutnya kegiatan inti, tutor menjelaskan materi dan menyimpulkan poin penting materi. Yang terakhir kegiatan penutup yang di isi dengan sesi tanya jawab dan doa, salam penutup (2) faktor pendukung meliputi siswa lebih mudah berinteraksi dengan tutor, tutor mudah menilai sikap spiritual siswa, siswa lebih mudah menyerap penjelasan materi, minat siswa, keaktifan siswa, dan pembelajaran yang efektif. Faktor penghambat meliputi ketidakminatan siswa, adanya kegiatan lagi di dalam lembaga tersebut, ruang belajar yang kurang efektif, kurangnya konsentrasi siswa, terbatasnya penggunaan Hp, dan kurangnya kedisiplinan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSetyaningrum, AnisahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan, Mengajar Bahasa Inggris, Belajar Bahasa Inggris, Proses Belajar
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan
Bahasa > Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris (BI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Feb 2025 03:42
Last Modified: 18 Feb 2025 03:42
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13694

Actions (login required)

View Item View Item