Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di MI Darul Ulum 01 Ngembalrejo Bae Kudus

Izza, Novia Iffatul (2024) Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di MI Darul Ulum 01 Ngembalrejo Bae Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (697kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (274kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (253kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (417kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (396kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (380kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (949kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (279kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (367kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka, upaya guru dalam menguatkan profil pelajar pancasila, dan faktor pendukung serta faktor penghambat pada implementasi kurikulum merdeka untuk menguatkan profil pelajar pancasila. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) dan pendekatan penelitiannya menggunakan pendekatan kualitatif, serta menggunakan strategi studi kasus dengan tipe deskriptif. Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Untuk pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan, untuk menguji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yang meliputi triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Kemudian, untuk analisis datanya melalui 3 tahap, yakni reduksi data, penyajian data dan kesimpulan/verifikasi data. Adapun hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi kurikulum merdeka sudah diterapkan di kelas 1 dan 4 MI Darul Ulum 01 Ngembalrejo Bae Kudus. Pertama, MI Darul Ulum Ngembalrejo 01 Bae Kudus telah menerapkan kurikulum merdeka di kelas 1 dan 4 pada tahun ajaran 2023/2024 dan termasuk madrasah yang menerapkan kurikulum merdeka tergolong kedalam kategori mandiri belajar, kedua upaya guru dalam menguatkan profil pelajar pancasila melalui kegiatan sehari-hari yang termasuk ke dalam 6 dimensi yaitu membaca asmaul husna, Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ), membiasakan 5S, sholat dhuhur berjamaah, senam setiap hari sabtu, membaca surat yasin, upacara pagi hari di setiap hari senin, ketiga ada faktor pedukung pada implentasi kurikulum merdeka adalah adanya pegangan buku siswa, adanya proyekyor dan LCD, adanya kerjasama antar pendidik. Adapun faktor penghambat terlalu banyak administrasi, perangkatnya lebih lama, minimnya dana, harus ada Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) setiap pertemuan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmawati, UlfahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kurikulum merdeka, Profil pelajar pancasila
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 Feb 2025 03:52
Last Modified: 25 Feb 2025 03:52
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13783

Actions (login required)

View Item View Item