Herliana, Marlynda (2024) Implementasi Nilai-Nilai Multikultural dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Multi-Etnis SMP Negeri 1 Lasem Tahun 2023/2024. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
![]() |
Text
1. COVER-KATA PENGANTAR.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (252kB) |
![]() |
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (243kB) |
![]() |
Text
4. BAB I.pdf Download (306kB) |
![]() |
Text
5. BAB II.pdf Download (426kB) |
![]() |
Text
6. BAB III.pdf Download (318kB) |
![]() |
Text
7. BAB IV.pdf Download (704kB) |
![]() |
Text
8. BAB V.pdf Download (269kB) |
![]() |
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (321kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakngi oleh permasalahan yang menunjukkan bahwa penghayatan nilai-nilai multicultural peserta didik di SMP Negeri 1 Lasem masih tergolong belum maksimal atau masih rendah.Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui penerapan nilai multicultural melalui pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Lasem, (2) Untuk mengetahui peran pendidik menerapkan nilai-nilai multicultural terhadap peserta didik di SMP Negeri 1 Lasem, (3) Untuk mengetahui manfaat atau hasil dari peserta didik menerapkan nilai-nilai multicultural dalam interaksi social baik dengan etnis yang sama ataupun etnis yang berbeda di SMP Negeri 1 Lasem.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Subyek peneliatian yaitu Kepala Sekolah, guru IPS, dan siswa di SMP N 1 Lasem. Tahap pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknis analisis data melalui langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini bahwa (1)Penerapan nilai-nilai multicultural dalam pembelajaran IPS yaitu dengan tidak membeda-bedakan antar sesama dan guru memberi pelajaran sesuai dengan materi. Adapun penerapan yang dilakukan oleh guru terhadap peserta didik yaitu mampu dan mau bekerja sama dengan siapapun, tidak memaksa pendapat/keyakinan orang lain, dan menerima kesepakatan walaupun berbeda pendapat pendapat,(2) Peran pendidik dalam menerapkan nilai-nilai multikultural di sekolah yaitu guru dapat berperan sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, pelatih dam pengevaluasi dari peserta didik dan sekaligus menjadi penggerak yang memberikan pengajaran kepada peserta didik terutama dalam menerapkan nilai-nilai multikultural di lingkungan sekolah,(3) Manfaat atau hasil peserta didik dalam menerapkan nilai-nilai multikultural terhadap interaksi sosial baik dengan etnis yang sama maaupun berbeda yaitu mendapatkan sebuah hasil yang positif seperti halnya peserta didik bisa berpikir kritis, memiliki sikap saling menghargai satu sama lain, saling menghormati/toleransi antar sesama, dan peserta didik memiliki motivasi seperti mempunyai teman sebanyak-banyaknya dalam keberagaman, serta bisa bersosialisasi dan mengenal budaya lain dengan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran Pendidik,Ilmu Pengetahuan Sosial, Nilai-nilai Multikultural | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 28 Feb 2025 04:32 | ||||||
Last Modified: | 28 Feb 2025 04:32 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13809 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |