Nafisah, Durrotun (2024) Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Kelas Viii B Mts Nurul Huda Medini Gajah Demak. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
![]() |
Text
01 COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (72kB) |
![]() |
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (79kB) |
![]() |
Text
04 BAB I.pdf Download (97kB) |
![]() |
Text
05 BAB II.pdf Download (400kB) |
![]() |
Text
06 BAB III.pdf Download (154kB) |
![]() |
Text
07 BAB IV.pdf Download (155kB) |
![]() |
Text
08 BAB V.pdf Download (75kB) |
![]() |
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (76kB) |
Abstract
IPS merupakan satu-satunya mata pelajaran yang mengkaji mengenai isu-isu sosial dengan konteksnya terhadap peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi serta melalui pembelajaran IPS, diharapkan mampu membentuk siswa yang aktif, bersikap baik, menghargai, dan peduli terhadap lingkungan sosialnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Untuk mengetahui pendidikan karakter melalui pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada kelas VIII B di MTS Nurul Huda Medini Gajah Demak. 2) Untuk mengetahui hambatan-hambatan dan solusi dalam implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada kelas VIII B di MTS Nurul Huda Medini Gajah Demak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research). Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data skunder. Subjek penelitian ini terdiri atas Guru dan Peserta didik. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data yang digunakan adalah uji kredibilitas, meningkatkan ketekunan, penggunaan bahan referensi dan mengadakan member check, dan triangulasi data yang menggunakan metode wawancara dan didukung metode observasi ketika wawancara dilaksanakan). Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan kegiatan analisis data, yakni lewat proses pengumpulan data, reduksi, display, beserta conclusion / verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Peserta didik mengimplementasikan pendidikan karakter melalui pembelajaran IPS di kelas VIII B diantaranya toleransi, semangat kebangsaan, peduli sosial, membuat keputusan yang baik dengan masuk akal, memiliki pengetahuan dan kemampuan mengenai bagaimana caranya mempraktikkan nilai-nilai kebaikan, memiliki kemampuan untuk menentukan skala prioritas dalam hidup, ramah dan penuh kasih sayang, memiliki rasa iba, murah hati, setia, pemaaf, kebiasaan berterimakasih, kemampuan menghargai orang lain, dan keinginan menjadi lebih baik. 2) Hambatan dalam mengimplementasikan pendidikan karakter melalui pembelajaran IPS dalam membentuk sikap sosial peserta didik pada kelas VIII B menurut guru IPS adalah kurangnya sarana dan prasarana yang memadai, kurangnya motivasi belajar, kurangnya kedisiplinan siswa, dan kurangnya percaya diri. Sedangkan upayanya adalah dengan cara mengajukan kepada Kepala Sekolah setiap rapat mengenai alat untuk menunjang dalam pembelajaran IPS, memotivasi belajar siswa dengan pembelajaran yang berbeda tidak hanya teori saja melainkan dengan praktik dan memberikan hadiah kepada siswa yang aktif di kelas
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Pembelajaran IPS | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Filsafat dan Teori Pendidikan > Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 28 Feb 2025 07:48 | ||||||
Last Modified: | 28 Feb 2025 07:48 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13814 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |