Model Pengelolaan Pendidikan Nilai Budaya pada Anak Usia Dini dengan Pendekatan Etnoparenting di Desa Wates Undaan Kudus

Ni’mah, Aftitakhun (2024) Model Pengelolaan Pendidikan Nilai Budaya pada Anak Usia Dini dengan Pendekatan Etnoparenting di Desa Wates Undaan Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (279kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (233kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (337kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (694kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (235kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (726kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (240kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (282kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan etnoparenting dalam pendidikan nilai budaya anak usia dini di Desa Wates Undaan Kudus, yang meliputi: 1) untuk menemukan dan mendeskripsikan tradisi budaya yang menjadi sumber nilai etnoparenting dalam pendidikan nilai budaya pada anak usia dini di Desa Wates Undaan Kudus, 2) untuk menemukan dan mendeskripsikan implementasi etnoparenting dalam pendidikan nilai budaya anak usia dini di Desa Wates Undaan Kudus, 3) untuk menemukan dan mendeskripsikan nilai-nilai pada etnoparenting dalam pendidikan nilai budaya anak usia dini di Desa Wates Undaan Kudus. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Jenis penelitiannya merupakan penelitian pendekatan etnografi berupa model deskriptif naratif. Fokus penelitian ini yaitu etnoparenting di Desa Wates. Sumber data diperoleh dari tokoh masyarakat dan orang tua dengan anak usia 0 hingga 6 tahun di Desa Wates, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus yang menerapkan etnoparenting. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara semi terstruktur, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Tradisi budaya tersebut yang menjadi sumber nilai etnoparenting dalam pendidikan nilai budaya pada anak usia dini yang masih dilestarikan di Desa Wates antara lain mungjung wong tuwo, Jarate, dan Wiwit. 2) Model pengelolaan pendidikan nilai budaya dalam pendekatan etnoparenting di Desa Wates mencakup kegiatan seperti ndongeng sebelum tidur, ngasah berbagi dengan tetanga, serawungan ke tetangga dengan pergi ke Padhang Bulan, dan Unen-unen sebagai petuah hidup. 3) Peran orang tua sangat penting dalam mengajarkan nilai-nilai pendidikan budaya pada anak usia dini antara lain menghormati orang tua, berbagi, keterampilan sosial, kerukunan, kesenian budaya, kerjasama, gotong royong, dan kedisiplinan kepada anak-anak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorChoir, AbuUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Etnoparenting, pendikan nilai budaya, anak usia dini
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Pra Sekolah, PAUD
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 04 Mar 2025 01:20
Last Modified: 04 Mar 2025 01:20
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13825

Actions (login required)

View Item View Item