Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Aljabar

Aprilia, Sinta Nur (2024) Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Aljabar. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (260kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (458kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (446kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (651kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (296kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (283kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (330kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan belajar yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal pada materi operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan bentuk aljabar pada siswa kelas VIII di SMP Ma’arif Tegalsambi Jepara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil tes siswa serta wawancara kepada siswa dan guru matematika. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, pemaparan data dan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu kesulitan siswa dalam pemahaman konsep meliputi kesulitan dalam menyederhanakan pecahan serta kesulitan dalam memahami operasi aljabar secara umum dan aljabar bentuk kuadrat dan masih kurangnya pemahaman siswa dalam konsep pada sifat distribusi, kesulitan pemahaman prinsip meliputi adanya kesulitan dalam mengoperasikan penjumlahan serta pengurangan pecahan aljabar serta kurangnya pemahaman siswa dalam mengaplikasikan tanda positif dan tanda negatif, kesulitan dalam keterampilan memecahkan masalah meliputi kurangnya keterampilan dalam memanipulasi pecahan aljabar dan keterampilan berhitung serta tidak menyelesaikan soal sesuai langkah-langkah dengan baik. Faktor yang mempengaruhi kesulitan tersebut diantaranya kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran siswa sehingga siswa tidak memiliki semangat dalam mengerjakan soal. Cara mengatasi kesulitan tersebut adalah dengan siswa diberi pembelajaran diluar kelas, dilakukan remidi atau pengayaan ulang serta guru menambahkan soal berbasis literasi numerisasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWidiyastuti, WahyuningUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kesulitan belajar, pecahan aljabar, pemahaman konsep, pemahaman prinsip, keterampilan memecahkan masalah, faktor memengaruhi, cara mengatasi
Subjects: Filsafat dan Psikologi > Psikologi > Kecerdasan dan Bakat, Intelegensia
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Apr 2025 06:18
Last Modified: 14 Apr 2025 06:18
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14110

Actions (login required)

View Item View Item