Mu’awanah, Siti Syarifah (2024) Penerapan Metode Gerakan Dalam Pembelajaran Hadits Pada Anak Usia dini Kelompok B Di sebuah RA Di Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
![]() |
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (286kB) |
![]() |
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (372kB) |
![]() |
Text
04. BAB I.pdf Download (600kB) |
![]() |
Text
05. BAB II.pdf Download (801kB) |
![]() |
Text
06. BAB III.pdf Download (398kB) |
![]() |
Text
07. BAB IV.pdf Download (810kB) |
![]() |
Text
08. BAB V.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (401kB) |
Abstract
Skripsi ini ditulis dengan tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan metode gerakan dalam pembelajaran hadits di sebuah RA di Kudus dan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat pada penerapan metode gerakan dalam pembelajaran hadits di sebuah RA di Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sesuai dengan jenis penelitian, maka penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Di sini peneliti mengambil lokasi di RA Syuhada Kaliputu Kudus. Subyek penelitiannya adalah anak-anak kelompok B RA Syuhada Kaliputu Kudus yang berjumlah 18 anak yang terdiri dari 7 laki-laki dan 11 perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun uji kredibilitas data dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan cara pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Penerapan metode gerakan dalam pembelajaran hadits di RA Syuhada dilaksanakan pendidik melalui beberapa tahapan, yaitu: pertama, kegiatan pembukaan, tahapan kedua, kegiatan inti dengan melafalkan hadits tentang hadits senyum dan memperagakan gerakan dalam pelafalan hadits, tahapan ketiga, kegiatan penutup. 2) Faktor pendukung dalam menerapkan metode gerakan dalam pembelajaran hadits di RA Syuhada, yaitu kondisi anak yang kondusif, fasilitas dan lingkungan yang memadai, dan pengetahuan guru mengenai kondisi anak. Sedangkan faktor penghambat dalam menerapkan metode gerakan dalam pembelajaran hadits di RA Syuhada, yaitu waktu yang terbatas, dan kondisi anak yang berbeda-beda
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Gerakan dan Pembelajaran hadits | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 22 Apr 2025 03:21 | ||||||
Last Modified: | 22 Apr 2025 03:21 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14149 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |