Sthevhani, Fina Agustania (2024) Analisis Manajemen Dakwah Terhadap Gambaran Efektivitas Akun TikTok @kadamsidik00 Sebagai Media Dakwah Dalam Memberikan Pengetahuan Keislaman Gen Z. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (301kB) |
![]() |
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (311kB) |
![]() |
Text
4. BAB I.pdf Download (514kB) |
![]() |
Text
5. BAB II.pdf Download (769kB) |
![]() |
Text
6. BAB III.pdf Download (608kB) |
![]() |
Text
7. BAB IV.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
8. BAB V.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (603kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dakwah yang dilakukan akun TikTok @kadamsidik00 melalui media sosial TikTok, serta mengidentifikasi efektivitas dakwah yang dilakukan akun TikTok @kadamsidik00 dalam memberikan pengetahuan keislaman Gen Z. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. penelitian ini mengambil delapan video unggahan @kadamsidik sebagai data. penelitian ini dilakukan pada akun TikTok @kadamsidik00. teknik pengumpulan data pada penelitian melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan pengikut @kadamsidik00. teknik analisis yang digunakan pada penelitian dengan metode analisis isi (analysis content). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Dakwah yang dilakukan @kadamsidik00 melalui media sosial menerapakan empat fungsi manajemen dakwah yaitu perencanaan, pengorganisasian, penggerakan/pelaksanaan, dan pengawasan/pengendalian. Sedangkan konten dakwah yang diunggah @kadamsidik00 pada akun TikToknya mengandung a) Isi pesan dakwah yang disampaikan akun @kadamsidik00 melalui media sosial TikTok mengandung tiga pesan dakwah yaitu pesan dakwah akidah, pesan syari'ah, dan pesan akhlak. ketiga pesan dakwah tersebut dapat dijadikan pengetahuan keislaman bagi mad'u yang menerima dakwah @kadamsidik00. b) Dalam penyampaian dakwahnya @kadamsidik00 menerapakan tiga metode dakwah yaitu metode Bi-Al-Hikmah, metode Al-Mauizah-Al-Hasanah, dan metode Al-Mujadalah-Bi-Al-lati Hiya Ahsan, ketiga metode tersebut diterapkan untuk meningkatkan pemahaman mad’u terhadap dakwah yang disampaikan. efektivitas dakwah yang dilakukan @kadamsidik00 melalui media sosial TikTok dalam memberikan pengetahuan keislaman Gen Z dapat dilihat dari respon mad'u dan implikasi terhadap dakwah yang disampaikan, a) Dalam dakwahnya di media sosial TikTok @kadamsidik00 mendapat respon baik berupa komentar positif dari pengikutnya sehingga hal tersebut menunjukkan bahwa dakwah yang dilakukan @kadamsidik00 di TikTok memiliki banyak manfaat bagi pengikutnya. b) implikasi dakwah @kadamsidik00 sangat berpengaruh pada tingkat pengetahuan keislaman mad'u, hal ini karena setelah menonton konten dakwah @kadamsidik00, mad'u mendapat pengetahuan mengenai ajaran Islam. Sehingga dakwah @kadamsidik di media sosial TikTok dapat dikatakan efektif dalam memberikan pengetahuan keislaman Gen Z
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Dakwah, TikTok, @kadamsidik00, Media Dakwah, Pengetahuan Keislaman | ||||||
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam | ||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Manajemen Dakwah | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 05 May 2025 07:27 | ||||||
Last Modified: | 05 May 2025 07:27 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14197 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |