Tafsir Media Sosial: Penafsiran Surat al-‘Aṣr dalam YouTube “Habib dan Cing”

Nisa’, Dwi Novi Ishlahun (2024) Tafsir Media Sosial: Penafsiran Surat al-‘Aṣr dalam YouTube “Habib dan Cing”. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (483kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (497kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kajian penafsiran surat al-‘Aṣr yang disampaikan oleh Habib Ja’far dalam konten YouTube Habib dan Cing. Latar belakang penelitian ini berangkat dari fenomena perkembangan media sosial yang telah mempengaruhi perkembangan media tafsir. Menurut penelitian Teusner dan Cambell tahun 2011, Perkembangan media sosial dalam konteks agama seperti ini memberikan tantangan dan peluang. Para mufasir perlu beradaptasi menafsirkan ke dalam konteks yang relevan dengan zaman sekarang. Selain itu, para pengkaji tafsir perlu meningkatkan literasi digital dan berpikir kritis dalam menyikapi hal tersebut. Melalui peneltian ini penulis mengeksplorasi tafsir dalam media sosial dengan fokus pada penafsiran surat al-‘Aṣr yang disampaikan oleh Habib Ja’far dalam konten YouTube “Habib dan Cing”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis video penafsiran surat al-‘Aṣr oleh Habib Ja’far dalam konten YouTube “Habib dan Cing” terkait pesan yang disampaikan, proses atau cara menyampaikan dan bagaimana penafsiran tersebut mempengaruhi para audiens. Penelitian ini merupakan jenis penelitian library research atau penelitian kepustakaan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif yang bersifat netnografi. Penulis mengumpulkan berbagai informasi atau data mengenai penafsiran surat al-‘Aṣr dalam konten YouTube “Habib dan Cing”, selanjutnya data tersebut dianalisis menggunakan metode analisis-deskriptif. Penelitian ini dimulai dari mengamati video, kemudian penulis mengulas tiga aspek utama, yaitu penafsiran, penyampaian dan respon atau interaksi pemirsa dalam komentar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah Habib Ja’far yang menyampaikan kajian penafsiran surat al-‘Aṣr dalam konten YouTube “Habib dan Cing”. Hasil dari penelitian ini adalah pertama, makna surat al-‘Aṣr menurut Habib Ja’far sangat mendalam, meskipun terdiri dari tiga ayat tetapi surat ini seakan menjadi kunci utama dalam menjalani kehidupan, baik di dunia maupun di akhirat. Karena didalamnya menjelaskan tentang prinsip-prinsip dasar Islam (mencintai Allah Swt. dan makhluk-Nya) antara lain : waktu adalah modal utama manusia hidup; manusia harus senantiasa bergerak menggunakan waktu dengan bijak dan memanfaatkannya dengan baik, serta memperoleh berkah dalam setiap penggunaan waktu tersebut; manusia akan merugi kecuali termasuk memenuhi empat kriteria yaitu beriman, beramal saleh, saling berwasiat tentang kebenaran dan kesabaran. Kajian penafsiran yang disampaikan oleh Habib Ja’far merupakan metode Tahlili, dan corak penafsiran yang disampaikan cenderung menggunakan Tafsir al-Shufi al-Nadzari. Kedua, Habib Ja’far dalam menyampaikan dengan gaya bahasa yang santai, gaul dan disertai humor, serta seringkali menggunakan analogi-analogi terkait hal yang ada di sekitarnya. Visualisasi video konten Habib dan Cing dikemas dengan nuansa yang sangat menarik. Penampilan Habib Ja’far yang casual tapi tetap modis menjadi daya tarik sendiri terhadap pemirsa. Ketiga, Respon para audiens terhadap konten tersebut dalam laman komentar berkaitan dengan efek komunikasi dalam media sosial, meliputi efek kognitif, efek afektif, dan efek behavirol atau konatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHanapi, AbdullahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Tafsir Media Sosial, Surat al-‘Aṣr, Habib Ja’far, Habib dan Cing, Efek Komunikasi Massa
Subjects: Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan > Tafsir Al-Qur`an > Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Quran Tafsir
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 May 2025 02:28
Last Modified: 21 May 2025 02:28
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14243

Actions (login required)

View Item View Item