Pengaruh Self-Awareness terhadap Kecanduan Game Online Anak-Anak di Desa Sengon Bugel Kabupaten Jepara

Romadhon, Falih (2024) Pengaruh Self-Awareness terhadap Kecanduan Game Online Anak-Anak di Desa Sengon Bugel Kabupaten Jepara. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (448kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (204kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (552kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (624kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (598kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (790kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (310kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (543kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-awareness terhadap kecanduan game online anak-anak di Desa Sengon Bugel Kabupaten Jepara. Adapun yang dimaksud dengan self-awareness adalah kemampuan seseorang dalam memahami pikiran, perasaan, serta penilaian terhadap dirinya. Sedangkan, kecanduan game online adalah kondisi seorang pemain dengan adanya keterikatan terhadap game, dimana seorang pemain tersebut telah bermain secara berlebihan terhadap game online. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, yaitu pendekatan yang digunakan untuk menggambarkan mengenai gejala yang ada pada saat penelitian dilakukan. Dalam pengambilan sampel peneliti mengambil seluruh populasi dengan jumlah 32 anak pemain game online yang ada di Desa Sengon Bugel. Metode pengumpulan data yang peneliti lakukan ialah berupa wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam catatan penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat self-awareness anak-anak di Desa Sengon Bugel rata-rata telah berkategori sedang, dengan tingkat frekuensi sebanyak 19 anak (52%). Selain itu, pada tingkat kecanduan game online anak-anak di Desa Sengon Bugel rata-rata juga telah berkategori sedang, dengan tingkat frekuensi sebanyak 23 anak (71,875%). Adapun mengenai pengaruh self-awareness terhadap kecanduan game online telah memiliki pengaruh positif dan signifikan, yang dapat dilihat berdasarkan perolehan nilai atau skor sig 0,01 yang bermakna terdapat pengaruh yang signifikan, dan dengan nilai t-hitung yang diperoleh sebesar -3,767 yang memiliki arti terdapat pengaruh negatif antara self-awareness terhadap kecanduan game online. Kemudian, berdasarkan pada nilai koefisien determinasi (R squared) telah memperoleh nilai sebesar 0,321, adapun jika dipresentasekan maka akan memperoleh sebesar 32,1%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh variabel self-awareness terhadap variabel kecanduan game online adalah sebesar 32,1%, sedangkan 67,9% diantaranya telah dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya seperti karena memiliki banyaknya waktu luang, faktor pola asuh dari orang tua, faktor pergaulan dari lingkungan sekitar dan sebagainya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRosyidi, FajarUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Self- Awareness, Kecanduan Game Online, dan Anak-Anak
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Jun 2025 07:28
Last Modified: 16 Jun 2025 07:28
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14408

Actions (login required)

View Item View Item