Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal Dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Islam Sultan Agung 3 Kalinyamatan Jepara

Widiyastuti, Noorma Ayu (2024) Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal Dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Islam Sultan Agung 3 Kalinyamatan Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (946kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (300kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (489kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (423kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (594kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (330kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (842kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (306kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (414kB)

Abstract

Pembelajaran kontekstual adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan anatara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilkinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari. penelitian ini bertujuan untuk memecahkan permasalahan yang ada di SMP Islam Sultan Agung 3 Kalinyamatan Jepara dengan menerapkan penggunaan pembelajaran kontekstual berbasis kearifan lokal dalam meningkatkan pemahaman peserta didi pada mata pelajaran IPS di SMP Islam Sultan Agung 3 Kalinyamatan Jepara. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini diantaranya kepala sekolah, pendidik mata pelajaran IPS, dan peserta didik kelas VII. Data yang dianalisis dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses pembelajaran kontekstual berbasis kearifan lokal dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran IPS yang meliputi tahap kegiatan perencanaan pembelajaran, kegiatan pelaksanaan pembelajaran, dan kegiatan evaluasi pembelajaran. (2) faktor pendukung dan faktor penghambat dalam keberhasilan penerapan model pembelajaran kontekstual berbasis kearifan lokal dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran IPS yang meliputi faktor pendukung yang digolongkan menjadi faktor internal yang didalamnya mengenai kesiapan pendidik, dorongan peserta didik, dan kesiapan materi, sedangkan faktor eksternal mengenai kearifan lokal yang ada di desa kriyan. Selain itu, faktor penghambatnya yakni mengenaik waktu yang terbatas dalam kegiatan belajar mengajar. (3) penerapan pembelajaran kontekstaul berbasis kearifan lokal dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi keragaman sosial dan budaya di masyarakat, yakni dalam materi tersebut dikaitkan dengan sub bab jenis keragaman budaya yang berisi tentang kearifan lokal yang ada di desa kriyan mengenai situs peninggalan Ratu Kalinyamat yakni sitinggil dan masjid Al-Ma’mur

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFalaq, YusufUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kontekstual, Pembelajaran IPS, Kearifan Lokal
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 Jun 2025 02:32
Last Modified: 17 Jun 2025 02:32
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14421

Actions (login required)

View Item View Item