Aghnia, Tazkiya Nufusa (2024) Pengaruh Penggunaan Literasi Digital dalam Pembelajaran IPS terhadap Peningkatan Kompetensi Pengetahuan Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 5 Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
![]() |
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (433kB) |
![]() |
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (276kB) |
![]() |
Text
4.BAB I.pdf Download (519kB) |
![]() |
Text
5. BAB II.pdf Download (772kB) |
![]() |
Text
6. BAB III.pdf Download (795kB) |
![]() |
Text
7. BAB IV.pdf Download (757kB) |
![]() |
Text
8. BAB V.pdf Download (368kB) |
![]() |
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (579kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi semakin pesat pada era society 5.0. dan semakin banyaknya persaingan dalam berbagai bidang yang berkolaborasi dengan teknologi digital termasuk dunia pendidikan. Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran dengan memanfaatkan platform digital sebagai media literasi dikenal dengan literasi digital. Pembelajaran IPS menggunakan literasi digital dapat divisualisasikan dalam berbagai bentuk yang lebih dinamis dan interaktif sehingga peserta didik dapat termotivasi untuk terlibat lebih jauh dalam proses pembelajaran. Tujuan dari riset yang pertama adalah untuk menunjukkan tingkat kemampuan literasi digital dalam pembelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 5 Kudus. Kedua adalah untuk mengetahui hasil nilai pengetahuan yang dimiliki peserta didik di SMP Negeri 5 Kudus. Ketiga adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan literasi digital dalam pembelajaran IPS terhadap peningkatan pengetahuan peserta didik di SMP Negeri 5 Kudus. Metode yang digunakan berupa metode Kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen yang melibatkan peserta didik kelas VIII SMP 5 Kudus. Pengambilan sampel kelas VIII A dan VIII B. Analisis data yang digunakan adalah uji t dan regresi linear sederhana dengan instrumen penelitian menggunakan angket dan tes. Hasil penelitian menghasilkan bahwa kemampuan literasi digital peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Kudus dinyatakan dalam kategori tinggi dengan nilai sebesar 73,7 yang terdiri dari delapan komponen literasi digital. Kategori sangat tinggi memiliki persentase sebesar 13,3% , kategori tinggi sebesar 82,2% dan 4,4% termasuk dalam kategori sedang. Dilihat dari nilai pre-test kelompok kontrol dan eksperimen memiliki kemampuan yang sama, dan setelah diberi perlakuan terdapat perbedaan dari kedua kelompok dengan menggunakan n-gain score yang menunjukkan hasil 0,39 tergolong dalam kategori sedang maka literasi digital cukup efektif untuk meningkatkan kompetensi pengetahuan peserta didik. Uji independent sampel t-test yang menghasilkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan literasi digital terhadap peningkatan kompetensi pengetahuan peserta didik dibuktikan dengan nilai signifikansi (2-tailed) 0,001 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil uji regresi linear sederhana memperoleh nilai t hitung 3,100 > t tabel 2,048 dan nilai signifikansinya sebesar 0,004 < 0,05. Nilai t hitung bersifat positif, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan literasi digital dalam pembelajaran IPS terhadap peningkatan kompetensi pengetahuan peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 5 Kudus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Literasi Digital, Kompetensi Pengetahuan, Pembelajaran IPS | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 24 Jun 2025 08:22 | ||||||
Last Modified: | 24 Jun 2025 08:22 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14486 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |