Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, dan Nisbah Bagi Hasil terhadap Kepuasan Nasabah Simpanan Sukarela Lancar (SIRELA) di KSPPS Pringgodani Tangguh Demak Cabang Karanganyar

Warni, Siti (2024) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, dan Nisbah Bagi Hasil terhadap Kepuasan Nasabah Simpanan Sukarela Lancar (SIRELA) di KSPPS Pringgodani Tangguh Demak Cabang Karanganyar. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover - Kata Pengantar.pdf

Download (901kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (210kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (223kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (471kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (762kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (625kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (527kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (265kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (416kB)

Abstract

Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, dan nisbah bagi hasil terhadap kepuasan nasabah sirela di KSPPS Pringgodani Tangguh Demak Cabang Karanganyar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif karena bertujuan untuk mengkonfirmasi data yang didapatkan di lapangan dengan teori yang ada. Populasi yang ada dalam penelitian ini adalah nasabah SIRELA KSPPS Pringgodani Tangguh Demak Cabang Karanganyar dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 orang dengan memanfaatkan rumus lemeshow karena populasi yang terdapat pada penelitian ini tidak dipahami. Menggunakan teknik purposive sampling dengan pertimbangan tertentu. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas. Dalam penganlisisan data menggunakan uji regresi linier berganda, uji koefesiensi determinan, dan uji T. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan SPSS diperoleh kesimpulan: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah dengan hasil uji T hitung sebesar 2,207 dan T tabel yang dihasilkan sebesar 1,985, Sehingga dapat dikatakan hasil uji T hitung lebih besar dari nilai tabel (2,207 > 1,985). (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas produk terhadap kepuasan nasabah dengan hasil T hitung 3,919 dengan T tabel 1,985 (3,919 > 1,985). (3) Terdapat pengaruh tidak signifikan pada nisbah bagi hasil terhadap kepuasan nasabah dengan T hitung 1,387 dengan T tabel yang dihasilkan 1,985. Sehingga dalam penelitian ini menghasilkan adanya pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan nasabah sirela di KSPPS Pringgodani Tangguh Demak Cabang Karanganyar, namun bagi hasil tidak berpengaruh terhadap kepuasan nasabah sirela. Rekomendasi untuk penelitian ini diharapkan nantinya pihak KSPPS lebih memahami kebutuhan, keinginan dan permintaan nasabah agar dapat merancang strategi dengan menciptakan kepuasan yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan nasabah, pada dasarnya kualitas baik dari pelayanan ataupun produk berkaitan erat, dimana kualitas bertujuan mendorong seseorang memberikan suatu ikatan kuat terhadap lembaga

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorCahyadi, Iwan FahriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, dan Nisbah Bagi Hasil
Subjects: Fiqih, Hukum Islam > Muamalat, Muamalah > Syarikah > Mudharabah
Ilmu-Ilmu Sosial > Ekonomi, Perekonomian > Ekonomi Keuangan > Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 Jun 2025 08:55
Last Modified: 24 Jun 2025 08:55
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14487

Actions (login required)

View Item View Item