Efektivitas Penggunaan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) Sebagai Media Pembayaran Dalam Meningkatkan Perkembangan UMKM di Jepara

Mustagfiroh, Lailatul (2024) Efektivitas Penggunaan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) Sebagai Media Pembayaran Dalam Meningkatkan Perkembangan UMKM di Jepara. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (999kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (262kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis praktik, efektivitas serta dampak penggunaan transaksi QRIS pada UMKM di Jepara. Studi lapangan dilakukan dengan pendekatan kualitatif di UMKM yang aktif menggunakan QRIS sebagai metode pembayaran di Kabupaten Jepara. Data primer serta data sekunder dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek yang diambil dari penelitian ini yaitu 6 owner UMKM, 6 karyawan, serta 6 pembeli dari masing- masing UMKM tersebut. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, menyajikan, serta menarik kesimpulan. Ditemukan hasil bahwa praktik penggunaan QRIS relatif mudah, hanya memerlukan dokumen seperti KTP, KK, akte Perusahaan serta NPWP sesuai nama badan usaha, kemudian mengunjungi Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) penyelenggara QRIS. Efektivitas penggunaan QRIS dinilai efektif berdasarkan teori dari William H. DeLone dan Ephraim R. McLean, melalui 6 komponen yaitu kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas pelayanan, pengguna, kepuasan pengguna, serta keuntungan bersih. Yang memberikan hasil kemudahan transaksi dan keamanan bagi UMKM. Dibuktikan dengan adanya manfaat yang signifikan seperti kenyamanan, kecepatan, dan perlindungan terhadap risiko keamanan pada UMKM di Jepara. Selain itu dukungan layanan pelanggan yang baik juga meningkatkan kepuasan pelanggan dalam bertransaksi. Penerapan QRIS pun berdampak positif pada peningkatan pendapatan UMKM di Kabupaten Jepara

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSupriyadi, AhmadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), Efektivitas
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Ekonomi, Perekonomian > Ekonomi Keuangan > Bank, Perbankan
Ilmu-Ilmu Sosial > Ekonomi, Perekonomian > Bisnis Kecil, UMKM
Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Laporan Keuangan
Bisnis > Laporan Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 Jun 2025 07:43
Last Modified: 30 Jun 2025 07:43
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14534

Actions (login required)

View Item View Item