Pengaruh Financial Literacy, Pengetahuan Investasi, Dan Motivasi Terhadap Minat Generasi Z Dalam Berinvestasi Di Pasar Modal Syariah (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Akuntansi Angkatan 2021 Unisnu Jepara)

Nurafifah, Rifqi (2024) Pengaruh Financial Literacy, Pengetahuan Investasi, Dan Motivasi Terhadap Minat Generasi Z Dalam Berinvestasi Di Pasar Modal Syariah (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Akuntansi Angkatan 2021 Unisnu Jepara). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (404kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (423kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (778kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (708kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (608kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (647kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (193kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (318kB)

Abstract

Latar belakang penulisan ini untuk menyoroti bagaimana financial literasi, pengetahuan investasi, dan motivasi saling berhubungan dan mempengaruhi mahasiswa untuk berinvestasi. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi dampak financial literacy, pengetahuan investasi, dan motivasi terhadap minat generasi Z untuk berinvestasi di pasar modal syariah khususnya mahasiswa Akuntansi Angkatan 2021 Unisnu Jepara. Dengan pendekatan kuantitatif dan desain causal effect, sampel penelitian diambil dari 72 mahasiswa akuntansi Angkatan 2021 Unisnu Jepara menggunakan metode purposive sampling dan rumus slovin dengan tingkat kesalahan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) financial literacy (X1) berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai thitung 2.779 > ttabel 1.667. (2) Pengetahuan investasi (X2) berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai thitung 2.129 > nilai ttabel 1.667. (3) Motivasi berpengaruh positif dan signfikan dengan nilai thitung 2.198 > ttabel 1.667. (4) Dan uji F (simultan) menunjukkan Fhitung 29.583 dengan signifikansi 0.000, jauh lebih besar dari nilai Ftabel 2.740. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa financial literacy, pengetahuan investasi, dan motivasi bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa akuntansi Angkatan 2021 Unisnu Jepara untuk berinvestasi di pasar modal syariah. Hasil ini menyoroti pentingnya peningkatan literasi keuangan, pengetahuan invetasi, dan motivasi guna meningkatkan minat investasi Generasi Z di pasar modal syariah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMartini, TinaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Financial Literacy, Pengetahuan Investasi, Motivasi, dan Minat Investasi Gen Z
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Ekonomi, Perekonomian > Ekonomi Keuangan > Investasi
Ilmu-Ilmu Sosial > Ekonomi, Perekonomian > Ekonomi Keuangan > Pasar Modal, Bursa Saham
Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Akuntansi
Bisnis > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Jul 2025 04:43
Last Modified: 09 Jul 2025 04:43
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14581

Actions (login required)

View Item View Item