Implementasi Metode Tasmi’ Al-Qur’an Dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas V MI Terpadu Al Falah Kalinyamatan Jepara

Naim, Siti Umirotun (2024) Implementasi Metode Tasmi’ Al-Qur’an Dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas V MI Terpadu Al Falah Kalinyamatan Jepara. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
COVER.pdf

Download (677kB)
[img] Text
ABTRAKS.pdf

Download (368kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (472kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (683kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (888kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (399kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (614kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (564kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (400kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui implementasi metode tasmi’ al-qur’an dalam pembentukan karakter siswa kelas V MI Terpadu Al Falah Kalinyamatan Jepara, faktor pendukung dan penghambat implementasi metode tasmi’ al-qur’an dalam pembentukan karakter siswa kelas V MI Terpadu Al Falah Kalinyamatan Jepara. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), artinya penelitian yang sumber datanya diperoleh dari lapangan. Metode pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Implementasi metode tasmi’ Al Qur’an dalam pembentukan karakter tanggung jawab berjalan dengan baik. Karakter tanggung jawab dibentuk melalui pembiasaan-pembiasaan yang dilakukan guru Tahfidz maupun guru kelas. Diawali dengan pemberian salam, penanaman karakter, semangat belajar dan setoran hafalan tepat pada waktunya. Metode hafalan menggunakan metode talaqqi. Evaluasinya berbentuk lembaran capaian hafalan yang ditandatangani oleh guru Tahfidz. Sehingga target untuk hafal juz 30 dan mengikuti wisuda Tahfidz dapat terlaksana dengan baik, penuh tanggung jawab dan penuh semangat. 2) Faktor pendukung metode tasmi’ Al Qur’an dalam pembentukan karakter tanggung jawab siswa antara lain yaitu adanya desakan dari wali murid yang menginginkan anaknya menjadi Hafidzul Qur’an setelah lulus dari madrasah, pihak madrasah yang semula unggul dibidang madrasah khususnya Tahfidz. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain yaitu kurangnya perhatian orang tua yang mengakibatkan anak tidak muroja’ah dirumah, siswa yang belum lancar membaca, siswa yang tidak mempunyai semangat menghafal, serta guru yang belum menguasai penanaman karakter

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMelisa, Atika OktaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: tasmi’, karakter, tanggung jawab
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Filsafat dan Teori Pendidikan > Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Aktivitas Pembelajaran
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Jul 2025 02:36
Last Modified: 14 Jul 2025 02:36
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14599

Actions (login required)

View Item View Item